Arab Saudi Luncurkan Layanan Smart Card Jamaah Haji


Kerajaan Arab Saudi menandakan era baru dengan meluncurkan layanan Smart Card untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M.

Smart card adalah kartu yang dibuat khusus untuk memberikan pelayanan kepada jamaah haji, yang memuat informasi tentang haji dan membantu jamaah untuk mengetahui lokasi-lokasi yang ada di tempat pelaksanaan ibadah haji.

“Kartu tersebut yang akan membantu jemaah untuk mengetahui lokasi-lokasi yang ada di tempat pelaksanaan ibadah haji dan di kartu tersebut juga ada sertifikat selesai melaksanakan ibadah haji sehingga itu bisa menjadi kenangan yang indah bagi yang telah melaksanakan ibadah haji,” Ujar Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Tawfiq mengungkapkan bahwa Indonesia mendapat kehormatan sebagai negara pertama yang menerima Smart Card. Hal ini merupakan bentuk penghargaan dari Arab Saudi atas komitmen Indonesia dalam penyelenggaraan haji yang tertib dan efisien.

“Jemaah haji yang pertama kali mendapatkan kartu ini adalah jemaah haji dari Indonesia. Kartu elektronik ini adalah kartu yang memang dibuat khusus untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” Sambungnya.

Tawfiq menjelaskan bahwa penggunaan Smart Card ini juga bertujuan untuk mencegah masuknya jemaah haji dengan visa yang tidak sesuai prosedur. 

Dengan demikian, hanya jemaah yang memiliki visa haji resmi dari Pemerintah Arab Saudi yang dapat melaksanakan ibadah haji.

Adapun pelaksanaan umroh tahun ini akan kembali dibuka pada 14 Dzulhijah yakni sepekan setelah pelaksanaan ibadah haji, katanya menambahkan.



Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL