BAPPEDA Bireuen Gelar Rakor Penanggulangan Kemiskinan

Foto: Sekda Kabupaten Bireuen Ir Ibrahim Ahmad M.Si dan Kepala BAPPEDA Bireuen Bob Mizwar S.STP M.Si memimpin rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan, (12/9).
BIREUEN - BAPPEDA Kabupaten Bireuen menggelar rapat koordinasi tim penanggulangan kemiskinan, Selasa (12/9/2023) pagi di Aula setempat.

Kegiatan tersebut dibuka Pj. Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D diwakili Sekda Kabupaten Bireuen Ir Ibrahim Ahmad MSi.

Ir Ibrahim Ahmad MSi dalam arahannya menuturkan, rapat koordinasi seperti ini sangat penting untuk dilakukan guna membahas pelaksanaan berbagai program pembangunan, khusus persoalan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bireuen.

Penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dalam rencana pembangunan Kabupaten Bireuen tahun 2023 - 2026.

"Untuk itu, saya meminta dukungan semua pihak untuk dapat bekerjasama serta saling bahu membahu agar target penurunan angka kemiskinan dapat tercapai," harap Sekda.

Pemerintah Kabupaten Bireuen telah dan sedang melaksanakan beberapa program seperti yang diamanatkan Perpres Nomor 96 Tahun 2015 tentang 3 perubahan atas Perpres Nomor 15 Tahun 2010 Tentang
Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Dalam hal ini telah diprogramkan secara menyeluruh oleh masing-masing SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, secara garis besar tercakup dalam empat
bidang prioritas, yaitu. Bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pengembangan ekonomi kerakyatan.

Untuk bidang pengembangan ekonomi kerakyatan sendiri terbagi dalam 3 klaster, meliputi Klaster I program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan dan perlindungan sosial.

Klaster II program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Dan Klaster III program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha mikro, jelas Sekda.

Kepala Bappeda Kabupaten Bireuen, Bob Mizwar, S.STP M.Si mengatakan, giat dilaksanakan tersebut sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2022, tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

"Perlu kolaborasi, sinergitas dan berbagai upaya untuk segera kita lakukan aksi-aksi nyata, dalam rangka percepatan penurunan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Bireuen," ujar Bob Mizwar.


(Sumber: Diskominsa Bireuen).

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL