Abu Suhai: Menanam Mangrove, Berbagi Untuk Masa Depan

Wakil Ketua DPRK Bireuen Suhaimi Hamid S.Sos bersama Asisten II Setdakab Bireuen serta Dandim 0111/Bireuen, menanam mangrove, (16/5).
Bireuen - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen, Suhaimi Hamid S.Sos atau populer disapa 'Abu Suhai', bersinergi dengan TNI Kodim 0111/Bireuen dan Forkopimda melakukan penanaman mangrove di Gampong Mon Keulayu Kecamatan Gandapura kabupaten Bireuen, Selasa (16/5/2023).

Di sela kegiatan, Abu Suhai mengungkapkan Aceh merupakan sebuah provinsi yang lebih dari 60% kabupaten/kotanya berbatasan dengan laut, termasuk Kabupaten Bireuen.

Pohon mangrove, mampu hidup puluhan bahkan ratusan tahun, memiliki manfaat yang melimpah. Manfaatnya tidak hanya berdampak positif bagi hari ini, tetapi juga bagi anak cucu kita di masa depan.

Namun, daerah 'Kota Juang' kita hanya memiliki kawasan Mangrove yang luasnya tak sampai 26 hektar, dan kondisinya pun sebagian besar tidak baik.

Abu Suhai merasa prihatin melihat desa Mon Keulayu yang terancam oleh abrasi laut. Ia tidak ingin menyaksikan senyum anak-anak terenggut karena hilangnya bibir pantai.

Selain itu, sulit bagi mereka untuk mengejar kepiting Bangka dan memanfaatkan sumber daya alam lainnya yang tersedia.

Meskipun langkah ini tergolong kecil, Abu Suhai dan timnya telah berusaha berbagi untuk masa depan.

Hal tersebut direalisasikan melalui kerja sama dengan Yayasan AGC (Aceh Green Conservation) dan kolaborasi dengan TNI dalam rangka penanaman serentak mangrove di seluruh Indonesia.

Mereka berkomitmen untuk melakukan perubahan. Meskipun jumlahnya masih terbatas, dengan penanaman sebanyak 25.000 bibit mangrove.

Dia pun bersyukur kepada Allah SWT atas kesempatan ini dan berjanji akan berusaha mendapatkan lebih banyak bibit di masa mendatang.

Abu Suhai berharap bahwa langkah kecil ini dapat terus dikembangkan hingga kelak menjadi langkah besar.

Upaya ini tidak hanya untuk kebaikan mereka sendiri, tetapi juga untuk Kota Juang tercinta. (*)

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL