Kepala MAN 3 Pijay: Puasa Menguatkan Keharmonisan dan Kepedulian Sosial

Suasana buka puasa bersama keluarga besar MAN 3 Pidie Jaya dengan Komite sekolah dan tokoh masyarakat, 30/3).
Pidie Jaya - Puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan ajang yang mendidik untuk meningkatkan kesabaran dan kepedulian sosial.

Hal ini diungkapkan oleh Sahlan SPdI MPd, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pidie Jaya, saat berbuka puasa bersama warga sekolah dimaksud dengan Komite dan Tokoh masyarakat sekitar, Sabtu (30/03/2024).

Menurut Sahlan, dalam kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah tersebut, puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga melatih kesabaran dalam menahan hawa nafsu dan emosi yang dapat membatalkan puasa atau mengurangi pahalanya.

"Bagi orang yang benar-benar melakukannya, pasti akan merasakan peningkatan kesabaran dalam menjalani kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Dia menambahkan, dalam berbuka puasa bersama dewan guru dan masyarakat sekitar sekolah dan dihadiri oleh komite sekolah, Keuchik, Imum, Tuha Peut, serta perangkat Gampong setempat semakin memupuk dan menyuburkan silaturahmi antar sesama.

Sahlan juga memaparkan bahwa beberapa waktu lalu dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1545 H pihaknya pun telah menyantuni sejumlah fakir miskin sekitar sekolah.

"Kita telah memberikan santunan kepada sekitar 25 orang fakir miskin di sekitar sekolah. Santunan tersebut berupa uang tunai dan bingkisan sembako yang berisi beras, telur, dan minyak goreng," jelas Sahlan.

Lebih lanjut, Sahlan menyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan seperti ini, hubungan silaturahmi antara sekolah dan masyarakat dapat semakin ditingkatkan ke depannya.

"Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat memperkuat keharmonisan dan kepedulian sosial di antara kita semua," tambahnya.

Kegiatan itu diharapkan tidak hanya menjadi momen untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan, tetapi juga sebagai wujud nyata mengaplikasikan amal yang didalamnya terkandung nilai-nilai keislaman yang mengajarkan tentang pentingnya kesabaran, kepedulian, dan kebersamaan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, pungkas Sahlan. (Is)

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL