Para Ilmuan Berhasil Ciptakan Semikonduktor Terobosan Terbaru


Para ilmuwan telah berhasil menciptakan semikonduktor yang berfungsi dan terukur menggunakan graphene untuk pertama kalinya.

Pencapaian ini membuka pintu bagi revolusi potensial dalam komputasi, memperkenalkan jenis komputer baru dengan kecepatan dan efisiensi yang ditingkatkan dibandingkan dengan teknologi chip silikon saat ini.

Apa itu Graphene?

Graphene, terdiri dari satu lapisan atom karbon, menawarkan kekuatan luar biasa melebihi baja pada ketebalan yang sebanding. Ini adalah konduktor listrik yang luar biasa dan menunjukkan ketahanan tinggi terhadap panas dan asam.

Terlepas dari keunggulan ini, para ilmuwan telah berjuang untuk mengembangkan semikonduktor graphene yang berfungsi yang dapat dikontrol untuk menghantarkan atau mengisolasi listrik sesuka hati, elemen penting untuk menciptakan chip logika yang menggerakkan komputer.

Hambatan utama adalah tidak adanya celah pita fitur penting dalam semikonduktor yang memungkinkan aliran elektron yang terkontrol.

Graphene telah menunjukkan janji sebagai semikonduktor dalam skala kecil dalam penelitian sebelumnya, tetapi peningkatan ke ukuran chip komputer praktis terbukti menantang.

Namun, pekerjaan baru-baru ini yang dipimpin oleh Walter de Heer dan timnya di Georgia Tech di Atlanta telah menandai terobosan yang signifikan.

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL