NASA Laporkan Asteroid akan Lewati Bumi Malam ini, 20 Desember 2023


Karena serangan asteroid yang terus-menerus, NASA dan badan antariksa lainnya telah mengembangkan persenjataan teleskop berbasis ruang angkasa dan darat untuk menemukan dan melacak batuan luar angkasa kuno ini. 

Dilansir dari Indochinatown.com, Rabu (20/12/2023), Kini, badan antariksa AS, dengan menggunakan teleskop canggih berbasis darat dan luar angkasa, telah menjelaskan asteroid kolosal yang diperkirakan akan melewati Bumi hari ini, 20 Desember 2023.

Orbit asteroid akan membawanya sangat dekat dengan Bumi, yang menurut NASA disebut “pendekatan jarak dekat”. Pelajari detail pertemuan dekat Bumi dengan asteroid seukuran Empire State Building.

Asteroid 2008 EV5:

Asteroid tersebut diberi nama Asteroid 2008 EV5 atau 341843 oleh Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS) NASA. Hal ini menarik minat para astronom dan pakar NASA karena ukurannya yang sangat besar. 

Menurut NASA, asteroid tersebut memiliki lebar sekitar 350 meter, sebanding dengan ukuran Empire State Building yang terkenal! Mengingat ukurannya, jika asteroid 2008 EV5 bertabrakan dengan planet ini, berpotensi menimbulkan kerusakan besar, apalagi jika mendarat di kawasan padat penduduk.

Menurut badan antariksa tersebut, asteroid 2008 EV5 akan melewati Bumi pada jarak terdekatnya hari ini, 20 Desember 2023, dengan jarak 6,3 juta kilometer. Meskipun jarak ini mungkin tampak signifikan, jarak tersebut relatif kecil dalam pengukuran astronomi mengingat ukuran asteroid yang sangat besar. 

Asteroid 2008 EV5 sudah mendekati Bumi pada orbitnya dengan kecepatan memusingkan yaitu 19.243 kilometer per jam!

Ia ditambahkan ke daftar pendekatan jarak dekat NASA dan dianggap sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya karena jarak pendekatannya yang pendek dan ukurannya yang sangat besar.

Ia termasuk dalam kelompok asteroid Athena, yaitu asteroid dekat Bumi (NEA) yang melintasi Bumi, yang sumbu semimayornya lebih kecil dari sumbu Bumi. Nama mereka berasal dari asteroid 2062 Athena, dan planet pertama jenis ini ditemukan oleh astronom Amerika Eleanor Helin di Observatorium Palomar pada 7 Januari 1976.

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL