DinKopUKM Aceh Beri Pelatihan Wirausaha Pemula Bidang Percetakan, Kuliner dan Menjahit

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (DinKopUKM) Aceh, Azhari

Banda Aceh - Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (DinKopUKM) Aceh memberikan pelatihan intensif kepada 20 wirausaha pemula dibidang Percetakan, Kuliner dan Menjahit.

Kegiatan bertajuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Wirausaha Pemula Banda Aceh ini diadakan selama dua hari, yakni pada tanggal 20 hingga 21 Desember 2023, di Hotel Madinatul Zahra.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (DinKopUKM) Aceh, Azhari, S.Ag., M.Si, berharap agar pelatihan ini dapat membentuk karakter dan sikap profesionalisme para pelaku usaha pemula.

“Sebuah bisnis akan berkembang dan maju jika kita berusaha terus serta memiliki disiplin dan integritas. Maka dari itu, kita harus terus belajar sampai kapanpun,”kata Azhari.

Dirinya juga menekankan pentingnya kejujuran dan disiplin dalam menjalankan usaha. Ia mengingatkan bahwa banyak usaha yang tidak berhasil karena kurangnya integritas, sehingga konsumen sulit untuk mempercayai pengusaha tersebut.

“Membangun kepercayaan orang itu tidak mudah dan tidak instan. Butuh proses yang luar biasa untuk membuat orang percaya,” tambahnya.

Pelatihan ini dirancang khusus untuk memberdayakan wirausaha pemula dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka. Materi pelatihan melibatkan berbagai aspek, mulai dari manajemen bisnis hingga strategi pemasaran yang efektif.

Peserta pelatihan, sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka berharap dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas dan daya saing usaha mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (DinKopUKM) Aceh terus berupaya mendukung perkembangan sektor usaha kecil dan menengah.

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha, meningkatkan skill mengelola usaha,”demikian sebut Azhari. []

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL