7 Trik Psikologi Dalam Konteks Kehidupan



Psikologi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah.


Pendapat lain mengatakan arti psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan kejiwaan manusia. 


Pada praktiknya, ilmu psikologi melakukan pengamatan dan analisis terhadap suatu organisme berdasarkan pengalaman yang diperoleh melalui panca indera.


Pada dasarnya psikologi sebagai kajian ilmu ilmiah memiliki 4 fungsi. Mengacu pada pengertian psikologi, adapun beberapa fungsi psikologi adalah sebagai berikut:


1. Menggambarkan (Description) 

2. Menjelaskan (Explain)

3. Memprediksi (Prediction) dan

4. Pengendalian (Control).


Mempelajari tentang psikologi dapat memberikan manfaat yang baik bagi manusia, baik secara individu maupun kelompok. 


Adapun beberapa manfaat mempelajari psikologi adalah sebagai berikut:


1. Memahami Diri Sendiri

2. Memahami Penyebab Suatu Perilaku dan

3. Membantu Orang Lain


Psikologi adalah kunci untuk memahami dan mengendalikan situasi dalam berbagai aspek kehidupan. 


Pemahaman tentang perilaku manusia, motivasi, dan interaksi sosial memberi kita wawasan yang berharga tentang mengapa orang bertindak seperti yang mereka lakukan.


Dengan pengetahuan ini, kita dapat memprediksi dan merespons dengan lebih baik terhadap perubahan situasi, yang mana merupakan langkah awal untuk mengendalikannya.


Terkadang, kehidupan membawa kita ke dalam situasi yang sulit dan penuh tekanan. 


Namun, dengan memahami beberapa trik psikologi yang dapat membantu kita mengendalikan segala situasi, kita dapat lebih percaya diri dan efektif dalam menghadapinya.


Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 trik psikologi yang dapat Anda terapkan dalam berbagai konteks kehidupan Anda yang dikutip dari laman hops.id, Kamis (12/10/2023) :


1. Saat seseorang menjawab pertanyaanmu dengan berbelit dan setengah-setengah, diam dan tunggu. Jangan memotong perkataannya, maka ia akan memberikanmu jawaban yang sebenarnya.


2. Saat kamu ingin memperoleh sesuatu dari seseorang, gambarkan itu sebagai sebuah penawaran/ kesempatan, bukannya permintaan.


3. Saat bertemu dengan orang-orang, perhatikan warna mata mereka dan tersenyum. Hal ini untuk membantu kamu menatap mata lawan bicaramu dan memberikan kesan percaya diri.


4. Untuk membuat seseorang merasa spesial, ingat dan ulangi menyebutkan namanya dalam percakapan. Hanya, jangan berlebihan saat melakukannya.


5. Hindarkan diri dari mempunyai harapan yang tinggi saat pertama kali mencoba sesuatu, ini akan mencegahmu merasa kecewa.


6. Untuk melihat karakter sesungguhnya dari seseorang, perhatikan cara mereka memperlakukan orang yang tidak dapat berbuat sesuatu bagi mereka.


7. Setelah kamu menjelaskan posisimu dalam sebuah negosiasi, diam sejenak. Jika kamu terus berbicara, maka kamu tidak menguntungkan dirimu sendiri.


Dengan menerapkan trik-trik psikologi ini dalam kehidupan sehari-hari Anda, Anda dapat merasa lebih kuat, lebih percaya diri, dan lebih mampu dalam mengendalikan berbagai situasi yang Anda hadapi.


Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.



Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL