Agam Inong Aceh 2023 Diapresiasi DPRA. Kadisbudpar Aceh: Mari Berkolaborasi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal foto bersama Agam dan Inong Aceh 2023, (29/9).
BANDA ACEH - Malam penobatan Agam Inong Aceh 2023 yang berlangsung di Balee Meuseuraya Aceh (BMA) pada Jumat (29/9/2023), Vima Syaddad Alfathan (Aceh Singkil) dan Raisya Almadea Irham (Aceh Barat Daya) terpilih sebagai duta wisata Aceh 2023.

Proses pemilihan duta wisata ini berlangsung sejak tanggal 26 hingga 29 September 2023.

Selama kurun waktu tersebut, finalis Agam Inong Aceh 2023 dari berbagai Kabupaten/Kota di Aceh menjalani proses karantina dan dinilai oleh dewan juri profesional.

Para finalis duta wisata ini diuji dalam berbagai aspek, termasuk pariwisata, kebudayaan, bahasa, ekonomi, serta wawasan daerah dan global.

Dalam acara tersebut, hadir Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ayu Marzuki, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh, Mellani Bustami.

Ayu Marzuki berperan sebagai juri kehormatan dan memberikan pertanyaan kepada salah satu finalis dalam babak tiga besar.

Ajang ini mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Safaruddin, yang turut hadir sebagai saksi perhelatan tersebut.

Safaruddin menilai bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh berhasil menciptakan daya tarik pariwisata Aceh di tingkat nasional, yang menjadi sumber kebanggaan.

Ia juga menekankan pentingnya peran anak muda Aceh, khususnya peserta Agam Inong 2023, dalam mempromosikan potensi wisata Aceh sebagai dukungan terhadap program pemerintah.

Sektor pariwisata, menurutnya, perlu didukung dan dipromosikan, termasuk kekayaan kuliner, adat istiadat, kebudayaan, dan destinasi wisata religi yang merupakan kearifan khas Aceh.

Wakil Ketua DPR Aceh ini juga berkomitmen memberikan juara pertama Agam Inong Aceh tahun ini tiket liburan gratis ke Singapura sebagai bentuk penghargaan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk kesuksesan acara tahunan ini.

Almuniza berharap para duta terpilih dapat menjalankan tugas dengan baik dan menginspirasi orang-orang untuk menjelajahi keindahan pariwisata Aceh dengan rasa ingin tahu dan kepedulian terhadap lingkungan, budaya, dan kepariwisataan.

"Selamat kepada Agam Vima dari Aceh Singkil dan Inong Raisya dari Abdya yang terpilih sebagai duta wisata Aceh 2023. Semoga para duta wisata kita semua dapat menginspirasi dan menggerakkan orang-orang untuk menjelajahi Aceh ini dengan rasa ingin tahu dan kepedulian terhadap lingkungan, budaya dan kepariwisataan. Mari kita berkolaborasi," ujar Almuniza Kamal. (*)

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL