Kesbangpol Bireuen Gelar Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama

Foto bersama di sela kegiatan Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Bireuen, (1/8/2023).
Bireuen - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bireuen menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama.

Acara berlangsung pada hari Selasa (1/8/2023) di Aula Lama Setdakab Bireuen tersebut dibuka Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan PhD diwakili oleh Asisten I Setdakab Bireuen, Mulyadi SH MM.

Dr. Mukhtaruddin, SH.MH, selaku Kaban Kesbangpol Kabupaten Bireuen menjelaskan bahwa kegiatan itu dilakukan dalam rangka melaksanakan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 8 dan 9 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadah.

Mukhtaruddin menegaskan acara ini utamanya bertujuan untuk memperkuat toleransi beragama berdasarkan Pancasila.

Lebih lanjut Ia merincikan bahwa kegiatan diikuti oleh 100 peserta, termasuk tokoh agama dari Islam, Kristen, Budha, Hindu dan Katolik, serta dihadiri Kepala BAPPEDA Kabupaten Bireuen Bob Mizwar S.STP.,M.Si bersama unsur terkait lainnya.

"Semoga melalui sosialisasi ini, kondisi yang semakin kondusif dan harmonis di Kabupaten Bireuen terwujud, dan kita harapkan masyarakat Bireuen semakin memahami pentingnya hidup berdampingan dengan saling menghormati keberagaman dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai landasan bersama dalam kehidupan beragama," ujar Kaban Kesbangpol.

Selain itu, peran aktif forum-forum kerukunan umat beragama dalam menjaga toleransi dan persatuan di tengah masyarakat semakin baik lagi.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan Kabupaten Bireuen tercinta menjadi contoh teladan dalam menciptakan harmoni dan persaudaraan antar umat beragama. Pungkas Dr. Mukhtaruddin SH MH. (*)

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL