Ketua APDESI Minta Mendagri Lanjutkan Aulia Sofyan Sebagai Pj Bupati Bireuen

Foto: Bahrul Fazal Ketua APDESI Kabupaten Bireuen.
Bireuen - Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bireuen, Aceh, Bahrul Fazal mendorong Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) untuk melanjutkan Aulia Sofyan Ph.D sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bireuen.

Ungkapan Bahrul Fazal (Rabu, 26/7/2023) tersebut utamanya didasarkan pada latar belakang Aulia Sofyan merupakan putra asli Bireuen yang lebih memahami seluk beluk masyarakat di daerah 'Kota Juang'.

"Putra asli daerah yang memiliki pemahaman mendalam mengenai kearifan lokal dan kedekatan emosional dengan masyarakat Kabupaten Bireuen. Hal ini menjadi pertimbangan utama. Kami menyuarakan agar Aulia Sofyan tetap menduduki posisi sebagai Pj Bupati Bireuen satu tahun kedepan," tutur Bahrul Fazal.

Ditambah, Aulia Sofyan adalah figur pemimpin yang tepat untuk terus membawa Kabupaten Bireuen ke arah yang lebih baik dengan bekal rekam jejaknya yang kuat untuk memajukan daerah asalnya.

Ketua APDESI Kabupaten Bireuen yang menaungi 609 Desa di 17 Kecamatan tersebut juga mengapresiasi kemampuan komunikasi dan kolaborasi intens Aulia Sofyan dengan Pemerintah Gampong serta memahami berbagai isu yang dihadapi secara signifikan.

Keuchik Gampong Cot Bada Kecamatan Jeumpa itu tidak menafikan harapannya kepada Aulia Sofyan agar dimasa mendatang terus mendukung implementasi hak otonom Desa lebih efektif guna mempercepat pembangunan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bireuen sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 18 b ayat (1) dan (2).

"Dalam konteks ini, pemerintah desa butuh peran Pj Bupati dalam pembangunan dan pengambilan kebijakan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi setiap Gampong," imbuhnya.

Lebih lanjut, kepada Mendagri Dia meminta agar melanjutkan Aulia Sofyan sebagai Pj Bupati Bireuen hingga tahun 2024 pula diperkuat oleh pendapat pihak lain di Kabupaten Bireuen yang mengakui Aulia Sofyan mampu mengemban tugasnya dengan baik.

"Kiprah Pak Aulia Sofyan dalam menjaga stabilitas, kelanjutan pembangunan dan mengatasi dinamika di Bireuen diakui pihak terkait lainnya. Ini menunjukkan dedikasi dan komitmen Pak Aulia sangat tinggi dalam menjalankan tugasnya," pungkas Bahrul Fazal didampingi Keuchik Khairi Ketua APDESI Kecamatan Pandrah. (*)

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL