Perpisahan Siswa SMKN 1 Peusangan Dirangkai Lomba Fashion Show

Satu diantara sejumlah peserta unjuk kebolehan memeragakan fashion show, di SMK Negeri 1 Peusangan, (17/5).
Bireuen - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen, Aceh menyelenggarakan Lomba Fashion Show sebagai bagian dari rangkaian acara Pelepasan dan Perpisahan siswa-siswi kelas XII pada tahun 2023.
Kepala SMK Negeri 1 Peusangan Bireuen, Joko Triyanto memberi sambutan di sela acara Perpisahan dan Fashion Show.
Kepala SMK Negeri 1 Peusangan Bireuen, Joko Triyanto, Rabu (17/5/2023) mengatakan kegiatan dimaksud dihelat guna memberi kesempatan kepada para siswa Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 1 Peusangan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam dunia fashion.

"Lomba ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa-siswa, terutama yang belajar di jurusan Tata Busana, mulai dari perancangan model, pembuatan pola, pemotongan kain, hingga menjahit. Namun, tidak hanya sebatas itu, mereka juga diuji kemampuan dalam mempresentasikan produk mereka melalui ajang Lomba Fashion Show," tutur Kepsek.

Dikatakan pula, setiap gaun yang ditampilkan dalam Fashion Show ini dibuat oleh para siswa saat mereka sedang belajar dalam kegiatan produktif, dengan mengacu pada kompetensi yang harus mereka capai dalam pembelajaran kejuruan.

Di sisi lain, para siswa di SMK Negeri 1 Peusangan diberikan kebebasan untuk menentukan model dan desain gaun yang ingin mereka produksi.

Hal ini sejalan dengan pola pembelajaran pada kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolah saat ini, yang memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas dan pemikiran mereka sendiri.

Lebih lanjut, Joko Triyanto, merincikan bahwa Lomba Fashion Show ini diikuti 112 peserta, terdiri dari 109 siswi dan 3 siswa laki-laki dari kelas XII program keahlian Tata Busana yang telah lulus.

Acara tersebut berlangsung di lapangan upacara SMK Negeri 1 Peusangan, dan dalam kesempatan ini, pihak sekolah juga mengundang perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen untuk membuka acara Lomba Fashion Show.

Para orang tua dan wali siswa juga diundang dengan harapan mereka dapat melihat langsung hasil karya anak-anak mereka di atas panggung saat tampil.

Joko Triyanto berharap kegiatan serupa dapat diadakan setiap tahunnya. Hal ini bertujuan agar siswa-siswa kelas XI dan X dapat termotivasi dan mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan serupa pada tahun-tahun berikutnya.

"Persiapan yang dimulai lebih awal akan menghasilkan kegiatan yang lebih baik di masa depan," tukasnya. (*)

Cari Blog Ini

Headline

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL