Pemkab Bireuen akan Benahi TPA Blang Beururu Peudada

Kepala Dinas PUPR, Kepala BAPPEDA, Camat, Kapolsek Keuchik dua anggota DPRK Bireuen asal Peudada meninjau TPA Blang Beururu Peudada, (18/5).
Bireuen - Pj Bupati Bireuen beserta SKPK terkait dan dua anggota DPRK asal Peudada melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Blang Beururu Peudada, Kamis (18/5/2023).

Hal tersebut dilakukan menindaklanjuti aspirasi Warga dan petani di sekitar TPA yang mengeluhkan terhadap bau menyengat yang mengganggu kenyamanan mereka.

Keuchik Blang Beururu, Azwar memohon agar tempat pengolahan sampah dan perbaikan jalan dapat segera dilakukan sesuai dengan janji-janji Pemkab Bireuen sebelumnya dengan merealisasikan perbaikan infrastruktur, terutama jalan, dan pengolahan sampah yang layak.

Azwar mengungkapkan rasa kecewa karena janji Pemkab Bireuen untuk plot anggaran pada setiap tahun berjalan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) murni TA 2023 tidak bisa dibuktikan.

Surya Yunus politisi PAN dan Rosmani Golkar dari unsur DPRK Bireuen menyatakan komit untuk bekerja sama dengan dinas terkait dalam menetapkan anggaran pada APBK perubahan kelak.

Selain itu pula mereka melakukan pengawasan terhadap pembenahan TPA Blang Beururu, hingga memastikan anggaran yang cukup dialokasikan dalam APBK perubahan untuk pembenahan TPA tersebut. Apalagi Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan Ph.D melalui Kepala Dinas PUPR Fadhli Amir ST hari ini telah menunjukkan respons positif terhadap permasalahan ini.

Kadis PUPR Bireuen Fadhli Amir mengharapkan melalui kolaborasi Pemerintah Kabupaten, DPRK, dan masyarakat, apa yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik dan lancar hendaknya.

"Kita akan mengatasi keluhan bau dan dampak negatif lainnya terhadap masyarakat yang disebabkan oleh TPA ini. Dan hal itu akan kita atasi secepat mungkin untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan masyarakat sekitar," ujar Kadis PUPR Bireuen.

Selain itu, peran Camat Peudada Erry Serpinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si, sebagai perantara antara Pemerintah Kabupaten dan masyarakat sangatlah penting.

Dukungan dan dorongan dari pihak legislatif, seperti DPRK Bireuen, juga menjadi faktor yang akan mempercepat penyelesaian masalah ini.

Diharapkan dengan upaya bersama dari semua pihak yang terlibat, TPA Blang Beururu Peudada dapat diperbaiki dan diubah menjadi fasilitas yang lebih baik, tidak hanya untuk membuang sampah, tetapi juga untuk menjaga lingkungan sekitar dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat, ujar Fadhli Amir. (*)

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL