Jamaah Haji Bireuen Dipeusijuek dan Dilepas Sekda

Para jamaah Haji Kabupaten Bireuen Tahun 2023, di sela prosesi Peusijuek dan pelepasan keberangkatan menuju Embarkasi Haji Aceh di Banda Aceh, di Mesjid Agung Sulthan Jeumpa, (27/5/2023).
Bireuen - Jamaah Haji Kabupaten Bireuen Tahun 1444 H/2023 M, yang diberangkatkan oleh pemerintah tahun 2023 sebanyak 328 orang terdiri dari 117 orang laki-laki dan 211 orang perempuan.

Mereka dibagi dalam 2 (dua) kloter. Kloter BTJ-6 berjumlah 323 orang dan kloter BTJ-12 berjumlah 5 orang.
Sekda Kabupaten Bireuen Ir Ibrahim Ahmad, M. Si memberi sambutan di sela pelepasan jamaah haji Tahun 2023, di Mesjid Agung Sulthan Jeumpa, (27/5).
Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen, Anwar, S.Ag, M.A.P di sela acara peusijuek dan pelepasan jamaah haji Bireuen mengatakan, jumlah quota awal Jamaah Haji Kloter BTJ-6 sebenarnya 325 orang, namun batal berangkat 2 (dua) orang yaitu Muhammad Abdul Manaf Ali (Sakit) usia 91 tahun alamat gampong Blang Mee Kecamatan Kuta Blang dan Halimah Muhammad Saleh (Sakit) usia 62 tahun alamat gampong Pulo Ara Geudong Teungoh Kecamatan Kota Juang.

Dari 328 jamaah haji yang berangkat tahun ini tercatat jamaah haji termuda atas nama Abizar Al Aqsa Usia (18 tahun), Gampong Bireuen Meunasah Capa Kecamatan Kota Juang.

Adapun jamaah haji tertua atas nama Katijah Ibrahim Ibnu (95 tahun) Gampong Dayah Blang Raleue Kecamatan Jeunieb.

Secara administratif dan perlengkapan seluruh jamaah haji yang akan berangkat sudah lengkap seperti paspor, visa, ID Card, kartu kesehatan, koper pakaian dan lain-lain, semuanya sudah disiapkan oleh Petugas di Kantor Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen.

"Mengawali pemberangkatan jamaah haji, pada malam ini sebentar lagi akan dilakukan peusijuk atau tepung tawari sebagai khasanah budaya Aceh peumulia tamu Allah yang melakukan perjalanan jauh ke Baitullah, seraya kita berdoa bersama semoga diberi kesehatan dan kekuatan serta diberkahi oleh Allah SWT untuk dapat menunaikan Ibadah yang sempurna," terang Anwar, yang populer disapa 'Cek Wan' Syariat Islam.

Lebih lanjut, Cek Wan menuturkan, untuk pemberangkatan jamaah haji dari Bireuen ke Embarkasi Haji Aceh di Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Syariat Islam menyediakan 11 (sebelas) unit armada bus, Dinas Kesehatan menyediakan 2 (dua) unit mobil ambulace, Dinas Perhubungan dan Polres Bireuen masing-masing menyediakan 1 (satu) unit mobil voorijder.

Untuk mempermudah jangkauan bagi jamaah haji dari 17 kecamatan, panitia juga menyiapkan titik pemberangkatan malam ini dipusatkan di 7 (tujuh) lokasi yaitu, Masjid Besar Kec.Gandapura, Masjid Besar Kec.Kuta Blang dan Masjid Besar Kec.Peusangan.

Lokasi selanjutnya yakni, Masjid Agung Sulta Jeumpa, Masjid Besar Kec.Peudada, Masjid Besar Kec.Jeunieb, serta Masjid Besar Kec.Samalanga.

Di masing-masing lokasi tersebut pun turut dilepaskan oleh para Camat kecuali di Masjid Agung Sultan Jeumpa. Karena akan dilepaskan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bireuen.

Sementara Pj. Bupati akan melepaskan seluruh jamaah haji yang tergabung dalam kloter BTJ 6 di Embarkasi Haji Aceh malam besok, termasuk dari jamaah haji Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Gayo Luwes.

Kepada semua jamaah diharapkan agar shalat isya dan mempersiapkan keperluan lainnya sebelum berangkat, sebab tidak ada perberhentian bus sampai titik persinggahan yang direncanakan di Masjid Padang Tiji, Pidie, kecuali dalam keadaan darurat.

Kepada seluruh bus rombongan diharapkan tidak saling mendahului dan tetap utuh tidak keluar dari rombongan yang akan dikawal sampai masuk ke Embatkasi Aceh besok pagi Pukul 8 wib.

Untuk pelayanan pemberangkatan jamaah haji, panitia menyiapkan 40 orang petugas: terdiri dari 20 orang petugas dalam bus, 6 Orang petugas medis, 2 orang petugas pengamanan dari Polres Bireuen, 2 orang petugas pengamanan lalu lintas dari Dinas Perhubungan, 4 orang petugas pendamping dari Dinas Syariat Islam dan Kantor Kementerian Agama , 3 orang petugas konsumsi dan 3 orang supir.

"Kepada seluruh jamaah kami ucapkan selamat menunaikan ibadah haji semoga mendapat haji yang mabrur. Semoga sukses untuk kita bersama, sukses untuk Kabupaten Bireuen yang lebih baik," pungkas Kadis DSI Kabupaten Bireuen. (*)

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL