Torakusu Yamaha, Pendiri Nippon Gakki Company Cikal Bakal Yamaha Corporation

Torakusu Yamaha

Yamaha dikenal sebagai produsen alat musik terbesar di dunia, produsen sepeda motor terbesar nomor dua di dunia dan pabrikan tersukses kedua sepanjang masa di ajang balap MotoGP.

Torakusu Yamaha adalah pendiri Nippon Gakki Company, perusahaan yang kemudian menjadi cikal bakal Yamaha. Torakusu lahir 20 April 1851 Provinsi Kii, Jepang, meninggal8 Agustus 1916 di usia 65 tahun. 

Nippon Gakki Company didirikan pada tahun 1887, Perusahaan inilah yang kelak menjadi cikal bakal dua raksasa Yamaha yang Awalnya didirikan untuk memproduksi alat musik.

Kemudian mulai memperlebar sayap ke produksi piano pada 1900, Nippon Gakki pun berkembang dan mendunia, melingkupi harmonika serta fonograf.

Pada tahun 1955, Yamaha Corporation mulai memproduksi sepeda motor, dan pada tahun 1968, merilis sebuah sepeda off-road, Yamaha DT-1, menciptakan sebuah genre.

Yamaha mengembangkan berbagai alat musik elektronik dan teknologi pada tahun 1970-an, Saat ini Yamaha adalah produsen terbesar alat musik di dunia, dan Yamaha Motor Company adalah produsen sepeda motor.

Semenjak mengikuti balapan pada tahun 1961 dan merajai balap kubikasi menengah, Yamaha juga menjuarai kelas para raja di GP500 mulai tahun 1975 dengan juara dunia Giacomo Agostini, Kenny Roberts Sr, Eddie Lawson, Wayne Rainey, dan kemudian di era MotoGP bersama Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Fabio Quartararo. 

Di berbagai kelas grandprix motor, Yamaha memenangkan 48 gelar, hanya kalah dari kompatriotnya dari Hamamatsu yang terjun balapan terlebih dahulu, Soichiro Honda.



Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL