Bireuen Wakili Aceh pada Ajang Job di UM Jatim

Foto bersama Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Bireuen dipercayakan mewakili Provinsi Aceh pada ajang job fair tahun 2023 di Kampus Universitas Negeri Malang (UM) Jawa Timur.
BIREUEN - Melalui cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Bireuen dipercayakan mewakili Provinsi Aceh pada ajang job fair tahun 2023 di Kampus Universitas Negeri Malang (UM) Jawa Timur.

Acara peyenglengara kegiatan yang diikuti perusahaan terbaik se-Indonesia itu berlangsung di Universitas setempat, selama dua hari, dari tanggal 16-17 Maret 2023.

Kacabdisdik Wilayah Bireuen, Abdul Hamid MPd kepada media ini, Minggu (19/3) mengatakan, job fair adalah sebuah tempat yang mewadahi banyak perusahaan untuk bertemu dengan pencari kerja profesional.

"Dalam job fair ini ada perekrutmen karyawan serta sekolah atau kampus saling memberikan informasi dua arah," kata Hamid.

Dilanjutkannya, UM sangat mengapresiasi Pemerintah Aceh, khususnya para alumni UM yang berasal dari Provinsi Aceh.

Hamid menjelaskan, salah satu program unggulan Cabdisdik Wilayah Bireun tahun 2023 adalah, pelatihan peningkatan kompetensi guru, bintek penyusunan Dupak dan SKP, Festival dan FLS2N SMA dan SMK.

"Selajutnya seleksi duta pelajar kamtibmas dan sadar hukum, KOSN SMK dan masih banyak lagi pogram lainnya untuk kemajuan pendidikan pada jenjang SMA/SMK di Aceh," sebutnya.

Sementara salah seorang alumus UM, Dr Salwa Hanum MPd memyampaikan, ia sendiri sebagai lulusan S3 di Kampus UM ini akhir tahun 2022 meraih predikat cumlaude.

"Saya adalah guru di SMA Negeri 2 Sigli, Kabupaten Pidie yang mendapatkan undangan perwakilan alumni mahasiswa Doktor di UM," ucap Salwa.

Lebih lanjut dia mengapresiasi tentang antusias dan meningkatnya para mahasiswa Aceh yang kuliah di Malang, baik jenjang S1, S2 maupun S3.

Kemudian ujarnya, UM memberikan peluang diberikan kepada Dinas Pendidikan Aceh untuk mengikuti kegiatan job fair di Kota Malang.

"Dalam hal ini Aceh diwakili oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen," sebut Salwa.

Dijelaskannya, bagi perusahaan terbaik yang tergabung dalam job fair diberikan waktu untuk mempresentasikan perusahaannya di depan semua pengunjung selama 30 menit.

Selanjutnya, tersedianya ratusan lapangan pekerjaan dari perusahaan Hal ini sangat bermanfaat untuk para alumni yang sedang mencari lapangan pekerjaan.

"Pengunjung dapat langsung di interview, bahkan mereka langsung membawa lamaran keperusahaan tersebut. Oleh karena itu UM memfasilitasi tempatnya di gedung Sasana Krida Malang, Jawa Timur," ungkap Salwa.

Katanya, setiap perusahaan mendapat satu stand berukuran 2×3 meter dilengkapi meja, kursi, karpet dan fasilitas lainnya, semua itu disiapkan oleh UM bersifat gratis.

Untuk lembaga pendidikan sangat banyak peminatnya namun dibatasi hanya 4 lembaga saja diantaranya, SMA Negeri 4 Malang, Tursina IBS, Sekolah Progresif Bumi Selawat dan Cabdisdik Wilayah Bireuen.

Kemudian, job fair ini akan berlangsung dalam waktu lama dan nanti adanya MoU untuk perusahaan dan lembaga pendidikan yang bergabung di dalamnya untuk tetap menjadi mitra terbaik UM.

"Stand Cabdisdik Wilayah Bireun menjadi perhatian semua pengunjung, karena kami dekorasinya sangat bagus, indah dan ada nuasa tanah rencongnya. Sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mengetahui keunggulan di Aceh," imbuh Salwa.

Sementara Rektor UM diwakili bidang kemahasiswaan dan alumni, Dr Heny Kusdianty MM, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kacabdisdik Wilayah Bireuen yakni, Abdul hamid yang diwakili kasiemanajemen GTK dan mutu kesiswaaan, Ahmad Fazil MPd atas partisipannya di job fair ini.

"Saya atas nama Rektor UM menyampaikan apresiasi kepada Kacabdisdik Wilayah Bireuen atau yang mewakilinya yang sudah mengambil ajang job fair untuk mempromosikan Aceh di kancah nasional," Heny Kusdianty. (Ismail)

Cari Blog Ini

Headline

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL