Anggota AJI Bireuen Dibekali Pelatihan Digital Security

Insan Pers yang bernaung dibawah AJI Bireuen mengikuti pelatihan Digital Security, (16/3).
Bireuen - Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bireuen dibekali pelatihan Digital Security, Kamis 16/3/2023.

Dihimpun informasi, kegiatan yang difasilitasi AJI Indonesia dan didukung Google News initiative tersebut dibuka oleh Bahrul Walidi Ketua AJI Bireuen, di Optimum Cafe seputaran Kota Bireuen.

Bahrul mengungkapkan, dalam catatan AJI, kurun waktu Tahun 2022 terdapat 15 kasus serangan digital menyasar para jurnalis.

Pemateri Jafaruddin yang juga merupakan selaku sekretaris AJI Lhokseumawe memaparkan konsep dan bentuk serangan digital pada jurnalis, keamanan komunikasi, keamanan perangkat, mengelola identitas , dan mitigasi liputan berisiko.

Bahkan serangan siber tidak hanya terjadi pada hari biasa, namun berpotensi meningkat saat momentum politik menjelang pemilu 2024 sehingga dikuatirkan mengalami peningkatan serangan siber terhadap jurnalis.

Dikatakan, AJI menggelar pelatihan kemanan digital agar anggota 'insan pers' yang bernaung didalam AJI memperoleh pengetahuan dan dapat mengambil tindakan preventif terhadap ancaman siber.

"Dengan ada nya pelatihan ini bisa mengantisipasi resiko resiko yang mungkin muncul di masa depan dan menjawab kebutuhan anggota AJI dalam bekerja sebagai jurnalis," terang Jafaruddin. (*)

Cari Blog Ini

Headline

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL