UEFA Super Cup


Piala Super UEFA atau UEFA Super Cup merupakan pertandingan antara juara Liga Champions UEFA dengan juara Liga Eropa UEFA. 

Sebelum musim 1999/2000, Piala Super UEFA selalu mempertemukan antara pemenang Liga Champions dengan pemenang Piala Winners UEFA.

Sejak tahun 1998 hingga 2012, Piala Super UEFA selalu dilaksanakan di Stadion Louis II, Monako sedangkan mulai tahun 2013 akan dilakukan pemilihan stadion penyelenggara oleh UEFA.

Manchester City F.C. adalah juara bertahan setelah menang 1-1 (Pen 5-4) atas Sevilla FC pada tahun 2023 melalui adu penalti.

Kemenangan tersebut membuat Manchester City FC meraih gelar perdana di kompetisi Piala Super UEFA.

Trofi Piala Super UEFA telah mengalami beberapa perubahan dalam sejarahnya, trofi pertama yang diterima Ajax berukuran besar, bahkan lebih besar dari trofi Piala Champions Eropa saat itu. 

Kemudian diganti dengan sebuah plakat dengan sebuah emblem UEFA yang terbuat dari emas. 

Setelah itu dibuat kembali trofi yang lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan trofi dari semua kompetisi eropa yang ada, dengan berat 5 kg dan tinggi 42,5 cm.

Untuk Model terbaru yang ada saat ini memiliki berat 12 kg dengan tinggi 58 cm

Hingga kini hanya Milan dan Barca saja yang mampu meraih total 5 kemenangan di kejuaraan ini.

Galatasaray sebagai juara piala super UEFA pertama tahun 2000 setelah mengalahkan Real Madrid dengan skor 2–1.

Dimulai dengan edisi 2013 Piala Super UEFA dimainkan di berbagai stadion (mirip dengan final Liga Champions dan Liga Europa).




Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL