Lima Petinju Junior Aceh Ikut Turnamen Tinju di Penang

BANDA ACEH --- Lima petinju junior Aceh akan tampil di Penang Trade Fair 34 International Boxing Tournament 2023 di Malaysia. Kegiatan ini berlangsung dari 11-15 Desember ini. 

Ketua Pertina Aceh Muksalmina, S.Pd mengharapkan atlet yang akan tampil di Penang bisa mengharumkan nama Aceh. "Keikutsertaan kalian ke Penang itu baru titik awal Aceh bergerak mencari emas di PON," kata dia saat pelepasan para altet Sabtu (9/12) malam di Dispora Aceh. 

Pelepasan itu diikuti pengurus, pelatih dan para atlet Pelatda PON KONI Aceh. "Hasil apapun yang diraih di sana nanti, itu akan menjadi radar bagi masa kalian nantinya," kata pria yang akrab Pak Mex ini.

Ia berharap para atlet yang dilepas mengikuti Penang Trade Fair 34 International Boxing Tournament 2023 berharap bisa tampil maksimal dan mengharum nama Aceh serta menjadi ajang mencari pengalaman tanding. 

Dia mengatakan, dengan berprestasi akan menjadi awal untuk mencapai kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan ada empat hal yang harus diperhatikan, disiplin latihan, motivasi diri dan percaya pelatih serta proses. "Karena saya ingin mencari sang juara, bukan pemenang," tukas Mex.

Pada kesempatan itu, Mex juga berharap setelah turnamen di Penang, pihaknya akan menggelar sparing patner, untuk mencari yang terbaik, sehingga cita-cita di PON bisa tercapai. "Insya Allah kita target 2 emas di PON. Bagi yang berprestasi, kita akan usahakan untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi dan kuliah di Perguruan Tinggi," ujar dia. 

Sementara Pelatih Tinju Aceh, Dien Jauhari mengatakan, semua atlet yang mengikuti pelepasan itu terdiri dari atlet senior dan junior. Sementara yang mengikuti Penang Trade Fair 34 International Boxing Tournament 2023 adalah petinju junior di bawah umur 20 tahun.

Kata dia, Aceh terakhir kali mengikuti Penang Trade Fair 34 International Boxing Tournament 2023 pada tahun 2011. Kala itu sukses meraih dua medali perak. 

Disebutkan, Penang Trade Fair 34 International Boxing Tournament 2023 diikuti sembilan negara yakni Srilanka, Nepal, Singapura, Jepang, Filipina, Kamboja, Cina Taipeh, Indonesia dan tuan rumah Malaysia.

Khusus Indonesia, kata Dien Jauhari, mengutus perwakilan tiga provinsi yaitu, Aceh, Kepulauan Riau dan Jawa Barat. Sedangkan Aceh mengirim lima atlet dua pelatih dan satu official. Para atlet yang tampil adalah Anas Rizky Syahputra turun dikelas 51 kg, Farhan Hafiz (54 kg), Faqih Andara Nasution 57 kg, Dafa Farel Azmi (60 kg) dan Muhammad Apriyadi Tuhateru (67 kg).

Mereka akan didampingi pelatih Dien Jauhari dan Yadi Indra Gunawan serta Syarkawi Yuzan sebagai official. "Mohon dukungan dan doa-doa masyarakat Aceh, agar anak-anak kita bisa berprestasi. Apalagi target kita adalah PON Aceh nanti," kata dia.

Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL