Hadiri Deklarasi Universal HAM, Menlu: Indonesia Tegaskan Kembali Dukungan Terhadap Palestina

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi (Foto Kompas)

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi saat menghadiri Peringatan ke-75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (HAM) di Markas Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jenewa, Swiss Senin (11/12/2023). 

Menlu Retno menyampaikan empat komitmen nasional Indonesia untuk pemajuan HAM di hadapan 16 Kepala Negara dan 20 pejabat setingkat menteri. Ia menegaskan komitmen Indonesia dalam memperkuat solidaritas politik dan dukungan kemanusiaan terhadap Palestina. 

Sebagai calon terpilih anggota Dewan HAM PBB, ia mengatakan bahwa Indonesia berjuang untuk meningkatkan kontribusinya kepada United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in Near East (UNRWA) sebesar tiga kali lipat. 

UNRWA merupakan sebuah lembaga yang didirikan oleh PBB pada 8 Desember 1949 yang difungsikan sebagai badan operasional non politik yang bertanggung jawab atas kemanusiaan pengungsi Palestina.

Dilansir dari NU Online, Rabu (13/12/2023), "Pertama, sebagai calon terpilih anggota Dewan HAM PBB, Indonesia menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat solidaritas politik dan dukungan kemanusiaan terhadap Palestina, termasuk dengan meningkatkan kontribusi ke UNRWA sebesar tiga kali lipat," kata dia dalam pernyataan resminya, dikutip dari situs resmi Kemlu RI, pada Selasa (12/12/2023). 

Retno mengungkapkan, Indonesia berkomitmen untuk melanjutkan proses ratifikasi Konvensi Internasional untuk Pelindungan Semua Orang dari Penghilangan Paksa. Jika konvensi ini diratifikasi, Indonesia akan menjadi negara yang telah meratifikasi semua instrumen inti HAM internasional.

Selanjutnya, Retno menegaskan komitmen Indonesia untuk melindungi dan menghormati hak penyandang disabilitas. Hal ini akan diwujudkan dengan memperkuat peran Komisi Nasional Disabilitas.

Terakhir, Retno menyebut Indonesia berkomitmen untuk mengimplementasikan Strategi Nasional Bisnis dan HAM. 

"Indonesia juga berkomitmen mengimplementasikan Strategi Nasional Bisnis dan HAM," ujarnya.

Selain menyampaikan komitmen nasional, ia juga membahas komitmen negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Timor Leste untuk memperkuat kerja sama HAM di kawasan. 

Retno juga dijadwalkan berbicara pada High Level Event mengenai situasi HAM di Palestina pada hari ini dan menyampaikan pernyataan pada Global Refugees Forum, Rabu (13/12/2023) besok.



Cari Blog Ini

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL