Berikut Instruksi Wakapolri Jelang Pemilu 2024, Simak!

Wakapolri Komjen Agus Andrianto di Sespim Polri Lembang (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)


Wakapolri Komjen Agus Andrianto menginstruksikan kapolres di setiap daerah untuk mengantisipasi kerawanan menjelang Pemilu Serentak 2024.

Menurut Agus, kepolisian di tiap daerah mesti mampu meredam gejolak yang bisa timbul sebelum, saat, serta setelah pelaksanaan Pemilu serentak tahun ini antara pihak yang berkaitan.

"Tentunya para kepala satuan operasional (Kapolres) di wilayah harus melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap kerawanan menjelang Pemilu 2024 ini," kata Agus saat ditemui di Sespim Polri Lembang, Rabu (17/1/2024).

Sementara daerah yang berpotensi memunculkan kerawanan pemilu tersebut sebetulnya sudah terpetakan oleh KPU dan sat intelkam masing-masing polres di tiap daerah.

"Ya kan sudah ada indeks kerawanan pemilu yang dikeluarkan oleh KPU, kemudian juga intelijen juga sudah memetakan kerawanan pemilu ya," kata Agus.

Agus mengatakan tak cuma untuk Polres jajaran, upaya mengamankan jalannya pemilu juga mesti menjadi tanggungjawab siswa yang sedang menjalani pendidikan di Sespim Polri.

"Pemilu sangat penting untuk bangsa ke depan. Peserta didik (Sespim) dapat tetap berkontribusi agar pemilu berjalan aman, damai, sejuk, dan legitimate dengan menjadi simpul perekat persatuan bangsa melalui berbagai kegiatan," ujar Agus.

Pihaknya meminta peserta didik harus maksimal mengasah kemampuan dan manajemen lapangan yang kuat dengan menguatkan upaya tepat prediktif, responsibilitas, dan transparan berkeadilan.

"Sebagaimana konsep transformasi Polri presisi serta memupuk kepekaan terhadap potensi gangguan kamtibmas yang ada," ujar Agus.


Cari Blog Ini

Headline

© Copyright 2022 - LENTERA NASIONAL