Breaking News

Seratusan Etnik Rohingya Terdampar di Aceh Utara, Diantaranya Anak-Anak dan Balita

Rohingya
Kondisi Etnik Rohingya laki-laki di Mushalla Gampong Meunasah Lhok Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, (15/11). 
Aceh Utara - Seratusan orang etnik Rohingya (Burma) terdampar di Desa Meunasah Lhok Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, Selasa (15/11/2022) dini hari.

Kepala Desa Meunasah Lhok Iqbal yang dikonfirmasi awak lenteranasional.com membenarkan peristiwa tersebut yang diperkirakan terjadi sekira pukul 03:30 WIB.
Sejumlah perempuan dan anak-anak Rohingya yang terdampar.
Dikatakan Iqbal, dirinya mengetahui dari laporan Warga. Berikut, pihak Gampong berinisiatif menolong mereka dengan cara menampung sementara waktu di Meunasah (Mushalla) di sana.

"Saat kami mengetahui warga rohingya sudah ada di daratan, untuk keselamatan dan pertolongan kami mengambil inisiatif untuk menampungnya di meunasah," ujar Iqbal.

Iqbal berharap supaya pihak berwenang secepat mungkin mengevakuasinya ketempat yang lebih layak dan memadai.

Sementara Kepala Kepolisian Sektor Muara Batu IPDA Herman menerangkan bahwa etnik rohingya yang terdampar Desa Meunasah Lhok itu berjumlah 111 orang, terdiri dari 28 orang perempuan, 65 laki-laki, 17 anak-anak dan 1 orang balita.

Terhadap mereka juga telah dilakukan pengecekan kesehatan termasuk dilakukan SWAB.

Alhamdulillah semua mereka dalam keadaan sehat.

"Yang terdampar di Desa Meunasah Lhok berjumlah 111 orang dan semuanya dalam keadaan sehat. Untuk saat ini sudah berada di Meunasah Desa setempat. Mereka semua dalam keadaan sehat, tidak ada yang sakit", imbuhnya.

IPDA Herman menambahkan, saat ini jajarannya (Polsek Muara Batu) terus mengawal guna memastikan keamanan dan mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan, serta menjaganya tetap di lokasi penampungan, hingga ada langkah-langkah konkrit selanjutnya. (Mail)
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini