Breaking News

Galian C di Batee Iliek Dikhawatirkan Merusak Ekosistem Sungai. APH Harus Ambil Langkah Tegas

Cot Meurak Batee Iliek
Suasana di lokasi galian C kawasan Cot Meurak, Batee Iliek, Samalanga Bireuen.
Bireuen - Keberadaan galian C yang diduga ilegal dikawasan sungai Gampong Cot Meurak Baroe Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen dikhawatirkan dapat merusak lingkungan dan ekosistem.

Jika Pemerintah Daerah tidak segera mengatasinya, kerusakan lingkungan dan ekosistem itu bisa meluas dan semakin parah.

Seorang tokoh masyarakat Gampong Cot Meurak yang meminta untuk tidak disebutkan namanya kepada awak media mengatakan, menjamurnya Galian C dibeberapa titik dalam kawasan sungai tersebut, sangat berdampak buruk.

Mulai dari krisis air bersih untuk warga setempat ditambah dengan alih fungsi lahan yang tidak produktif serta dapat mengalami kekeringan air diseputaran lingkungan pada kawasan tersebut.

"Jika tidak segera ada tindakan dari Aparat Penegak Hukum, maka kerusakan lingkungan di kawasan ini akan semakin parah," kata warga tersebut.

Ia melanjutkan, kalau terus dibiarkan aktifitas Galan C ilegal itu, besar kemungkinan akan terjadi banjir bandang dan erosi serta dikhawatirkan menenggelamkan Kecamatan setempat.

"Kalau terus dibiarkan aktifitas Galan C ilegal itu, besar kemungkinan akan terjadi banjir bandang dan erosi serta dikhawatirkan menenggelamkan Kecamatan Samalanga. Kami mohon kepada aparat penegak hukum untuk turun dan melakukan penindakan terhadap para pelaku galian C ilegal tersebut, sehingga kelestarian ekosistim di lingkungan kami dapat terjaga dan terselamatkan," tambahnya.

Pantauan awak media ini di lokasi tersebut, imbas dari aktifitas galian C di bantaran sugai Cot Meurak Baroe kecamatan Samalanga, tampak terlihat kondisi sungai seperti lautan. (Mail)
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini