Breaking News

Begini Permintaan Ketua KONI di Pelatda PORA XIV Kabupaten Bireuen

Pelatda PORA XIV
Ketua KONI Bireuen, H.Mukhlis, A.md.,SH menyampaikan laporannya di Pendopo Bireuen, (13/11).
Bireuen - Pemusatan latihan daerah (Pelatda) PORA XIV Kabupaten Bireuen dibuka Pj Bupati Aulia Sofyan, Ph.D, di Halaman depan pendopo Bireuen, Minggu (13/11/2022).

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bireuen H. Mukhlis, A.Md.,SH dalam laporannya menyampaikan, Kabupaten Bireuen dalam menghadapi PORA XIV tahun 2022 di Kabupaten Pidie meloloskan 31 Cabang Olahraga dari 33 Cabang yang diikuti pada Pra PORA tahun 2021 lalu.
Foto bersama di sela Pelatda PORA XIV Kabupaten Bireuen.
Kontingen Bireuen berjumlah 452 orang terdiri dari 312 orang atlit, 68 pelatih, 28 Manager, 18 orang perlengkapan Cabor, official terdiri dari medis, humas, administrasi, keuangan dan termasuk Pimpinan Kontingen/ pendamping 32 orang.

Jumlah itu sesuai dengan kuota dari Panitia Besar (PB) PORA Pidie dimana nantinya Tuan Rumah menanggung biaya konsumsi dan akomodasi selama PORA berlangsung.

Berdasarkan bantuan dana dari Pemkab Bireuen, untuk Anggota Kontingen, lanjutnya, KONI Bireuen membantu sepenuhnya Pengcab berupa dana pembinaan untuk atlit dan pelatih berprestasi yaitu atlit dan pelatih yg memperoleh medali emas pada Pra PORA selama 9 bulan dan seluruhnya telah disalurkan.

Selain itu, KONI Bireuen juga membantu perlengkapan tanding, uang transport dan uang saku Pelatda selama 30 hari, uang transport menuju Pidie, uang saku, uang poding, uang cuci dan uang pertandingan, bonus/bantuan tali asih bagi atlet dan pelatih.

Untuk peraih medali baik emas, perak maupun perunggu yang dananya kami harapkan kepada Pj Bupati serta DPRK untuk menganggarkan dalam APBK 2023 karna dalam anggaran 2022 ini tidak tercukupi. Detailnya alokasi anggaran ini telah kami sampaikan pada saat Rapat Koordinasi Pengurus Cabang Olahraga pada tanggal 12 September 2022 lalu, ungkap Mukhlis.

"Dalam menghadapi Pelatda, kami berharap kepada Bapak Pj Bupati, Pimpinan istansi kantor, baik negeri maupun swasta, juga kepada para Kepala Sekolah melalui Kepala Dinas PK dan Kasubdin PK Provinsi Aceh kiranya dapat memberikan dispensasi sesuai permohonan KONI kepada Atlit/Pelatih yang sedang mengikuti Pelatda dan Dispensasi penuh saat menuju PORA nantinya," ungkap Mukhlis.

Kepada siswa siswi yang pada bulan Desember nanti mengikuti ujian dan beradu dengan jadwal PORA kiranya dapat diberi kelonggaran dengan mengikuti Ujian susulan di Sekolahnya masing-masing.

"Kepada SKPK terkait juga kami mohon kiranya membantu menugaskan staf dan memberikan fasilitas untuk kebutuhan kontingen Bireuen berupa tenaga medis, mobil ambulance, bus sekolah, truk/ mobil box Dinsos dan Mobil tangki serta kebutuhan lainnya yang kami mohonkan nantinya," pinta Mukhlis.

Kepada Pengcab, Pelatih dan atlit dirinya tetap kompak, jaga kesehatan dengan cuaca ekstrim yang kita hadapi selama ini.

"Tetap kompak, jaga kesehatan dan terus serius dalam latihan. Meskipun bantuan Pemkab melalui KONI tidak seberapa dibandingkan dengan pengorbanan pelatih dan atlit serta Pengcab dalam mempersiapkan diri menghadapi PORA kali ini. Semoga raihan emas kalo ini target 10 Besar bisa kita penuhi." ajaknya.

Ia juga mengilas balik agar tragedi di Jantho dimana sekelas Kabupaten Bireuen hanya bertengger di urutan 19 dengan cuma meraih 2 emas, tidak terulang lagi. Dan pastinya peraih medali emas diproyeksikan mewakili Aceh dalam menghadapi PON 2024 yang akan datang.

"Langkah awal sudah kita lewati melalui Pra PORA yang dilaksanakan di berbagai Daerah mulai dari Subulussalam, Langsa, Banda Aceh, Lhokseumawe bahkan sampai ke Simeulu, dan Bireuen sukses menyelenggarakan Pra PORA Cabang Olahraga Drum Band yang juga meloloskan atlit-atlitnya," pungkas Ketua KONI Bireuen.

Hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Bireuen, Ketua DPRK Bireuen, Kapolres Bireuen, Dandim 0111/Bireuen, Kajari Bireuen, Ketua Pengadilan Bireuen, Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen
Para Kepala SKPK dalam Kabupaten Bireuen.

Selain itu pula turut hadir Para Pengurus KONI Kabupaten Bireuen, Para Pengurus Cabang Olahraga dalam Kabupaten Bireuen, para Camat, Kapolsek dan Danramil Kota Juang, Para Manager, Official, Pelatih dan Atlit yang akan mengikuti Pelatda dan PORA, juga seluruh Panitia yang sudah mempersiapkan acara. (*)
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini