Breaking News

Tidak Semua Pemdes Paham Penyaluran Dana Ketahanan Pangan

Dana Desa, Ketahanan Pangan,
OPINI.
Penulis: Irfadi S.Pd.I

Bireuen - Tidak semua Pemerintah Desa paham sistem penyaluran Dana Desa yang 20% nya dialokasikan untuk ketahanan pangan, apa saja kegiatan yang katagori yang termasuk didalamnya sehingga berkembang serta produktif.

Tahun 2022, melalui Perpres 104 Tahun 2021 bahwa 20% Dana Desa digunakan untuk program ketahanan pangan hewani dan nabati.

Tujuan dari ketahanan pangan nabati dan hewani di desa itu sudah secara jelas diatur dalam Peraturan Menteri Desa PDTT.

Pada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendesa PDTT) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Pengguna Dana Desa Tahun 2022. kegiatan ketahan pangan nabati dan hewani desa itu masuk ke bidang pemberdayaan masyarakat.

Tepatnya pada sub bidang kelautan dan perikanan serta sub bidang pertanian dan peternakan. Dengan beberapa rekomendasi salah satunya adalah dibidang peternakan dan pertanian.

Pemerintah Desa dalam hal ini sangat mengharapkan kejelasan teknis penyalurannya yang selama ini masih belum ada instruksi aturan yang mengikat agar dalam penyaluran tersebut tidak terjadi kekeliruan, karena bantuan yang seperti inilah bisa jadi rawan pemanfaatan dana desa ke arah yang tidak jelas, dengan adanya Program Ketahanan Pangan nabati dan hewani ini yang didanai oleh Dana Desa Tahun Anggaran 2022, berdasarkan Perpres no 104 Tahun 2021, bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya oleh masyarakat desa dan kedepannya dan juga dapat mendorong peningkatan ekonomi warga ke arah yang lebih maju, dan pertumbuhan perekonomian dimasyarakat juga lebih meningkat dari yang sebelumnya.

Program ini tidak lekang pula karena imbas dari 2 tahun masyarakat harus melalui pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, pemerintah desa mengambil sikap untuk perobahan, maka dibentuk dan ditetapkannya kelompok tani ternak dan kelompok Tani lainnya.

Masing masing penerima dapat dikoordinir oleh ketua kelompok yang diharapkan masing masing kelompok peternak tersebut bisa menjaga dan merawat baik baik berupa hewan peliharaan maupun program bantuan nabati lainnya tersebut guna mencapai peningkatan ekonomi kearah yang lebih baik dan sejahtera. (Ir)
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini