Breaking News

Setelah Diberitakan, Rekanan Pasang Plank Proyek, Pengerjaan Turap Diduga Tidak Sesuai Spek

Papan informasi proyek Turap di Dusun Pejaten III RT 002/004 Desa Pejaten Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang.
Karawang - Pekerjaan turap di Dusun Pejaten III RT 002/004 Desa Pejaten Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang Jawa Barat ramai diberitakan oleh sejumlah media online gegara tidak memasang Plank nama proyek.

Sehingga lahirnya bermacam dugaan terhadap pekerjaan turap dimaksud. Apalagi pantauan awak media di lokasi proyek, pemasangan batu kali hanya ditancapkan ke dalam lumpur tanpa adanya adukan pasir semen dahulu.

Setelah viral melalui pemberitaan sejumlah media online baru lah pihak rekanan memasang 'papan informasi'.

Diperoleh informasi oleh beberapa awak media yang datang ke 'lapangan' dari warga Pejaten yang dapat dipercaya, satu diantaranya yakni Doyok, ia dengan lantang menyebut bahwa pekerjaan tersebut awalnya memang tidak dikisdam dan tidak dikeringkan airnya dengan alat Alkon, sehingga menjadi perhatian sejumlah warga setempat.
Tangkapan kamera kondisi pengerjaan proyek talud oleh CV Bintang Selatan.
Menurutnya, pekerjaan itu amburadul alias tidak sesuai spek dan Rencana Anggaran Belanja (RAB).

Selaku masyarakat setempat, Doyok khawatir jika turap yang sedang dalam proses pengerjaan disana cepat amruk, maka siapa yang bertanggung jawab.

Lebih lanjut ungkapnya, selaku warga Pejaten dirinya merasa memiliki hak mengontrol pekerjaan turap yang berada di wilayahnya yang menggunakan anggaran dari Pemerintah.

"Berhak dong saya tahu selaku masyarakat, apalagi besar anggarannya mencapai Rp 189.004.000, yang bersumber dari Anggaran pemerintah,"ujarnya.

Halim yang merupakan seorang pekerja proyek tersebut menyebutkan lebar pondasi 50 cm lebar atas 30 cm dan tinggi 120 cm. Namun tidak dituliskan lebar pondasi dan lebar atas.

"Lebar pondasi 50 cm lebar atas 30 cm dan tinggi 120 cm, ujar Halim.

Pantauan awak media dapat dilihat dari papan informasi tertera, Volume pekerjaan yaitu, panjang 212 meter, tinggi 140 cm dan waktu pelaksanaan enam pulu hari kalender.

Untuk harga borongan yang sedang dikerjakan perusahaan CV.BINTANG SELATAN pula jelas tertulis dengan angka Rp 189.004.000, (seratus delapan puluh sembilan juta empat ribu rupiah), serta sumber Dana dari Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022.

Hingga berita ini tayang, pihak terkait belum berhasil terkonfirmasi pihak media. (Ag)
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini