Breaking News

Proyek Galian Pipa Air Bersih di Makmur Diduga Asal Jadi

Kondisi proyek galian pipa air bersih di Lubue Mesjid Kecamatan Makmur, Bireuen, (28/10).
Kondisi proyek galian pipa air bersih di Lubue Mesjid Kecamatan Makmur, Bireuen, (28/10).
Bireuen - Proyek galian pipa air bersih dengan nama Paket Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah Desa Leubu Mesjid Kecamatan Makmur diduga dikerjakan asal jadi.

Proyek tersebut merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan pagu anggaran mencapai Rp.2 milyar.

Informasi yang dihimpun media ini dari keterangan warga setempat, Jum'at (28/10/2022).

"Saat dimasukkan pipa ke dalam galian tersebut tidak disebarkan pasir bersih, yang nanti bisa mengakibatkan gesekan tanah hingga mengakibatkan kebocoran pada pipa, "ujarnya.

Selain itu, pada saat dilakukan pemasangan pipa dan penutupan galian dengan tanah terlihat tidak rapi, sehingga membuat parit jalan yang tidak rata dan juga bisa mengakibatkan air tergenang di badan jalan tersebut.

Sementara, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Bireuen Akhyar saat dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu mengatakan, untuk saat ini memang proyek dimaksud dalam proses pekerjaan, dan mengenai pasir memang tidak ada dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk ditabur dalam lobang saat pipa di masukkan.

"Pasir halus ini memang tidak ada dalam RAB, dan juga untuk tanah bekas galian yang tidak rata nanti akan dibenarkan kembali, dimana proses pekerjaan belum selesai," pungkasnya.

Hingga saat ini media ini belum berhasil melakukan konfirmasi dengan pihak rekanan terkait proyek galian pipa ini yang dikerjakan oleh CV Zuhra. (Ismail)
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini