Breaking News

Gandeng Pegiat Media, BAWASLU Bireuen Perangi Hoax Pemilu 2024


Bireuen - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bireuen mengajak para wartawan Bireuen menjadi salah satu pegiat media sosial dan insan pers di Kabupaten setempat untuk memerangi isu hoax, SARA, hingga politik uang pada penyelenggaraan pemilihan Serentak Tahun 2024. Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Bireuen, pada acara sosialisasi "Media Working Group" melalui Peran Media dalam rangka Menangkal Hoax pada pemilu serentak 2024, Jum'at (7/10/22) di Aula Hotel Graha Buana Bireuen.

Dalam hal ini pemateri juga menyampaikan pentingnya menggandeng pegiat media sosial sebagai pemberi informasi yang cepat kepada masyarakat beserta jelas dasar dan sumbernya. Pasalnya, mayoritas dari masyarakat sudah memiliki ponsel android, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses berita, khususnya berita-berita penting terhadap pemilihan kedepan.

"Pegiat medsos dapat berperan memberikan informasi yang benar dan diharap dapat terlibat sebagai bagian dari masyarakat ikut partisipatif serta ikut melakukan pengawasan dan menangkal berita-berita hoax. Disinilah Bawaslu membutuhkan media. Karena, semua informasi positif yang akurat, itu tidak akan sampai ke kalangan masyarakat secara langsung, tanpa peran media massa," Ungkap Ketua Bawaslu Bireuen Wildan Zacky E.

Media juga dapat ikut andil dalam pengawasan partisipatif pada pemilihan Serentak kedepan. Sekaligus, menangkal informasi Hoax, SARA, dan mencegah terjadinya praktik politik yang tidak baik di masyarakat.

"Harapannya dengan semakin banyaknya elemen yang terlibat dalam pengawasan pilkada kedepan, akan terciptanya proses demokratisasi yang baik, sehat dan tercipta suasana yang kondusif," tutupnya. (Ir)
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini