• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Prodi Akuakultur FP UMUSLIM Peusangan Beri Pendampingan dan Bimtek Pakan Kepada Pembudidaya Udang

    Lentera Nasional@
    Selasa, 06 September 2022, 13:42 WIB Last Updated 2022-09-08T04:17:08Z
    Ketua tim pengabdian, drh. Yusrizal Akmal, M.Si memberikan arahan kepada peserta, (5/9).
    Bireuen - Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (FP UMUSLIM) Peusangan, kembali mengadakan pendampingan dan bimbingan teknis pembuatan pellet udang serta fermentasi pakan kepada pembudidaya udang di Desa Kuala Ceurape Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, Aceh, Senin (5 September 2022).

    Desa Kuala Ceurape merupakan salah desa yang berada dikecamatan Jangka Kabupaten Bireun yang berada di pesisir dan mata pencarian masyarakatnya yaitu pembudidaya ikan dan udang.
    Tim Prodi Akuakultur FAPERTA UMUSLIM dan Pembudidaya Udang di Desa Kuala Ceurapee, Jangka melakukan praktek pembuatan pakan.
    Tim pengabdian tersebut terfokus pada pembuatan Pellet vaname serta fermentasi pakan untuk mengurangi cost pengeluaran dalam pembesaran udang.

    Ketua Ketua tim pengabdian, drh. Yusrizal Akmal, M.Si menyampaikan bahwa beban biaya kegiatan ini merupakan berasal dari pendanaan Program Kemitraan Masyarakat di tahun 2022, meliputi pembuatan pellet udang yang sesuai dengan kebutuhan protein udang serta fermentasi pakan.

    "Hasil observasi awal pada mitra menunjukkan bahwa mitra menghadapi beberapa permasalahan dalam membudidayakan udang vaname, seperti harga pakan udang yang mahal sehingga biaya produksi yang dikeluarkan semakin besar. Selain itu dengan Bimbingan Teknis pembuatan pakan udang dan fermentasi pakan dapat meningkatkan keterampilan mitra dalam memproduksi pakan mandiri sehingga pembudidaya udang di desa tersebut tidak bergantung dari pakan komersil," ujar Yusrizal Akmal.

    Karena itu Ia mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibiayai oleh kemedikbudristek.

    "Di kegiatan ini, fokus kita adalah Bimbingan teknis agar para pembudidaya memiliki keterampilan dalam pembuatan pakan dan fermentasi pakan, sehingga pembudidaya tidak terlalu bergantung pasokan pakan dari pabrik," tambah Yusrizal.

    Kegiatan Bimtek pembuatan pellet udang vanname dan fermentasi pakan ini turut mengundang Rinaldi, S.Pi, M.Si yang merupakan salah satu dosen di program studi akuakultur fakultas pertanian Universitas Malikussaleh guna memberikan bimbingan teknis tentang pembuatan pellet udang.

    Pada kesempatannya, Rinaldi, S.Pi, M.Si menjelaskan bahwa dengan nemiliki keterampilan dalam pembuatan pellet udang vanname dan fermentasi pakan akan dapat menekan biaya cost pakan dalam pembesaran udang. Selama ini pakan udang pabrikan sering kali mengalami kenaikan harga sehingga membebani pembudidaya.

    Melalui bimbingan teknis ini diharapkan pembudidaya yang berada di desa Kuala Ceurape diharapkan dapat memproduksi pakan udang mandiri serta dapat membuat fermatasi pakan yang dapat mengurangi enggunaan pakan dari pabrik. Pungkasnya. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini