• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tim Akuakultur Umuslim Latih Kelompok Laut MINA BUDIDAYA Tingkatkan Produktivitas Vaname

    Lentera Nasional@
    Rabu, 10 Agustus 2022, 23:55 WIB Last Updated 2022-08-11T04:39:42Z
    Suasana di sela kegiatan pendampingan Petambak udang Vaname Lipat Rayok, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.
    BIREUEN - Tim program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (FP Umuslim) Peusangan Bireuen meliputi sejumlah Dosen dan Mahasiswa melakukan pelatihan fermentasi air, Rabu (10/8/2022).

    Pelatihan tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bersama kelompok Laut Mina Budidaya Kabupaten Bireuen.

    Kelompok Laut Mina Budidaya merupakan salah satu kelompok pembudidaya udang vaname di Kabupaten Bireuen yang kontinyu bermitra dengan Program Studi Akuakultur FP Umuslim.
    Proses pengamplikasian terpal HDPE Lipah Rayok, Jeumpa, Bireuen oleh Tim Prodi Akuakultur FP Umuslim.
    Pada tahun sebelumnya kelompok ini juga pernah dibina dalam menerapkan Biosecurity dalam pemeliharaan udang vaname melalui skim Pengabdian Masyarakat yang sama dengan tahun ini.

    Dalam hal ini Tim dimaksud terfokus pada perbaikan kualitas air tambak udang vaname guna meningkatkan produksi udang.

    Ketua tim pengabdian, drh. Yusrizal Akmal, M.Si kepada lenteranasional.com menyampaikan bahwa kegiatan itu dilaksanakan meliputi rekonstruksi tambak menggunakan HDPE (High Density Poly-Ethylene) serta pembuatan fermentasi air untuk memperbaiki kualitas air tambak udang vaname.

    Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa mitra menghadapi beberapa permasalahan dalam membudidayakan udang vaname, seperti penurunan kualitas tanah dan pengetahuan tentang manajemen budidaya udang vaname secara intensif yang masih cukup rendah.

    Selain itu keterampilan dalam pengelolaan kualitas air menjadikan udang rentan terserang penyakit yang tentu saja berpangaruh terhadap produksi udang vaname yang tidak maksimal.

    Karenanya, tim dari Program Studi Akuakultur Universitas Almuslim melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui skema Program Kemitraan Masyarakat tahun 2022 yang dibiayai oleh kemedikbudristek.

    "Di kegiatan ini, fokus kita adalah pelatihan agar para pembudidaya memiliki keterampilan dalam mengelola kualitas air, seperti penggunaan bakteri yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air supaya udang lebih sehat dan tidak rentan terhadap penyakit", jelas Yusrizal.

    Kegiatan pelatihan fermentasi air ini menggunakan dedak dan bakteri dari produk Bio N Plus dengan tambahan enzim yang semuanya mudah diperoleh di toko-toko yang menjual bahan pertanian dan perikanan.

    Selain itu pihaknya juga turut menjjelaskan langkah-langkah, jumlah bahan yang dibutuhkan secara terperinci, contohnya jumlah bahan-bahan dan waktu fermentasi yang harus dilakukan.

    Pembuatan fermentasi air ini merupakan bagian dari usaha untuk memperbaiki kualitas air tambak agar pertumbuhan udang dapat optimal dan resiko terserang penyakit menjadi kecil.

    Tentunya melalui pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini kami berharap adanya peningkatan produksi udang vaname sebagai salah satu komoditas perikanan unggulan dari Kabupaten Bireuen dan menjadi sumber ekonomi terutama bagi masyarakat pembudidaya udang vaname, pungkas Yusrizal Akmal. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini