• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Prodi Akuakultur FP Umuslim Laksanakan ABDIMAS Budidaya Vaname Gunakan Teknologi Asap Cair

    Lentera Nasional@
    Rabu, 10 Agustus 2022, 23:47 WIB Last Updated 2022-08-10T16:47:21Z
    Foto :  Rindhira Humairani, S.Pi, M.Si  dan drh. Yusrizal Akmal, M,Si didampingi Wakil Rektor III Umuslim, Muliari, S.Kel, M.Si dalam kegiatan Abdimas di Desa Kuala Ceurape Kab. Bireuen (10/08/2022).
    Bireuen - Program Studi Akuakultur kembali mengadakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Pendampingan Petani Tambak di Desa Kuala Ceurape, Rabu (10 Agustus 2022).

    Aplikasi Teknologi Tepat Guna mengusung tema "Peningkatan imunitas udang vanamei melalui penggunaan asap cair" itu dilakukan selama 3 bulan.

    Dalam kegiatan tersebut, sejumlah Dosen dan Mahasiswa dari Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (UMUSLIM) terlibat dalam melakukan pendampingan penerapan Teknologi Tepat Guna tersebut.

    Desa Kuala Ceurape, merupakan salah satu Daerah yang secara geografis terletak di pesisir Kabupaten Bireuen yang memiliki potensi sumber daya perikanan laut dan payau khususnya tambak udang vaname.

    Budidaya udang vaname memiliki peranan yang penting untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam dan luar negeri, meningkatkan pedapatan dan kesejahteraan nelayan di pesisir.

    Namun, tak dipungkiri kendala yang dihadapi para petambak dalam budidaya komoditas Vannamei adalah kala terjadi serangan penyakit seperti WSSV, IMNV, dan WFD.

    Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam peningkatan imun udang adalah dengan pemberian asap cair.

    Nah, untuk itu, pihak Prodi Akuakultur FP Umuslim melaksanakan metode dalam kegiatan ini adalah memberikan pendidikan, pelatihan, dan pendampingan manajemen kesehatan udang, pencegahan penyakit udang vaname serta pembuatan pakan.

    Apalagi saat ini, tim pengusul telah melakukan pengembangan pengabdian berkaitan penerapan teknologi dalam peningkatan produksi budidaya udang vaname sejak tahun 2020 melalui skim Program Kemitraan Masyarakat. Sedangkan pada 2021 melalui skim PKM Mahasiswa untuk Penerapan IPTEK," ujar Rindhira Humairani Z, S.Pi, M.Si, selaku Ketua tim pelaksana kegiatan.

    Kegiatan ini merupakan hasil pendanaan hibah dari Kemendikbudristek RI pada Skim Program Kemitraan Masyarakat tahun 2022 yang dimenangkan oleh Dosen Program Studi Akuakultur, lanjutnya.

    Dikatakan, sudah empat tahun berturut-turut dosen Program Studi Akuakultur mendapatkan hibah Kemendikbudristek, hal ini menjadi suatu keunggulan dan mempermudah pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka bagi mahasiswa," Jelas Irfannur, S.Kel, M.Si selaku Kaprodi Akuakultur FP- UMUSLIM.

    Selanjutnya Muliari, S.Kel, M.Si selaku Warek III UMUSLIM juga menerangkan bahwa Selain dosen, Mahasiswa Program Studi Akuakultur juga memenangkan hibah PKM Mahasiswa dari SIMBELMAWA – Kemenristekdikti RI sebanyak tiga proposal pada tahun ini.

    Kepala LPPM UMUSLIM, drh. Yusrizal Akmal, M.Si yang juga merupakan anggota pelaksana kegiatan mengungkapkan bahwa penerapan asap cari berperan untuk meningkatkan imunostimulan udang vaname.

    Pemberian asap cair pada tambak selain untuk menghilangkan bakteri penyebab penyakit juga berperan menjaga kestabilan oksigen terlarut, sehingga agen penyakit terutama virus, bakteri dan jamur dapat dikendalikan dengan harapan petani tambak mampu mendapatkan hasil panen yang lebih baik.

    Menurutnya, Penggunaan bahan kimia dalam pakan dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan karena dapat meninggalkan residu, baik bersifat toksik dan dapat membentuk resistensis hama dan juga penyakit. Sementara Pemberian asap cair yang mengandung senyawa aditif bersifat alami yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan residu pada tubuh udang sehingga aman untuk tujuan konsumsi.

    Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya pendekatan teknologi tepat guna melalui teknologi asap cair untuk meningkatkan pertahanan tubuh udang supaya tidak mudah terserang penyakit, sehingga produksi udang vaname dapat dilakukan secara terus-menerus dengan kualitas yang baik dan meningkat. (WK)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini