• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tim Mertua Menantu Juara I Lomba Masak "Nasi Biryani Aceh" di Festival Kuliner 2022

    Lentera Nasional@
    Sabtu, 30 Juli 2022, 17:02 WIB Last Updated 2022-07-30T10:39:54Z
    Juleha dan Sri Wahyuni, Juara I Lomba Memasak Nasi Biryani di Festival Kuliner Pidie Jaya Tahun 2022.
    Pidie Jaya - Dinas Pariwisata Aceh menyelenggarakan Lomba Masak Nasi Biryani pada Festival Kuliner Pidie Jaya Tahun 2022 tanggal 28 Juli 2022 di Halaman Mideun Meurah Setia Meureudu Pidie Jaya adalah suatu upaya Pemerintah Aceh dalam hal melestarikan tradisi kuliner yang telah diwariskan secara turun-temurun yang memiliki keunikan dan citarasa masing-masing.

    Potensi ini hendaknya menjadikan kuliner tradisional Aceh mempunyai tempat tersendiri dan menjadikannya peluang industri Kuliner di Indonesia maupun mancanegara.

    Nasi Biryani sejak berabad-abad yang lalu telah dikenal di Aceh, "Biryani" berasal dari bahasa Urdu yang berarti "menggongseng".

    Populernya Nasi Biryani di Aceh berawal pada zaman dulu saat pedagang-pedagang India ke Aceh yang mengakibatkan asimilasi dan akuhurasi budaya antara budaya India dan Budaya Aceh.

    Untuk Bahan-bahan untuk memasak nasi Biryani inipun tidak sulit ditemukan di Aceh, karena untuk Nasi Biryani India dan Nasi Biryani Aceh menyerupai bahan-bahan masakan kare-karean. Yang membedakan Nasi Biryani Aceh tidak menggunakan bahan masakan Gi (sejenis lemak hewani:red) dan Minyak Samin.

    Dalam acara penutupan tersebut dilaksanakan pula pengumuman perlombaan Masak Nasi Biryani tersebut diumumkan Juara 1 Tim Juleha (Mertua) dan Sri Wahyuni (Menantu), Juara 2 dari Tim Rizkawati dan Syarifah Keumala Intan, serta Juara 3 dari Tim Muhammad Hilal Fahrun dan Safwadi.

    Juleha mengucap syukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada sang Menantu yang telah bersama-sama berjuang mengikuti lomba, keluarga dan sejumlah pihak yang telah mensupport tim nya mengikuti lomba memasak pada Festival Kuliner Pidie Jaya Tahun 2022 hingga meraih Juara I.

    "Alhamdulillah, kami juara 1, terimakasih kepada dewan juri, Chef Surya, Ibu Cut Rita, Ibu Lina Fajri, atas saran dan masukannya, mudah-mudahan ke depannya kami lebih bisa maju ke depannya," lanjut Juleha yang biasa akrab disapa Buk Leha.

    Sementara Sri Wahyuni, peraih juara I menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Ibu Mertuanya, para pihak yang telah berkenan menyelenggarakan Lomba Memasak dimaksud.

    "Kami sangat merasa bersyukur, senang, serta bangga, karena ini adalah Nasi Biryani kali pertama yang pernah kami masak, ini adalah lomba masak pertama yang pernah kami ikuti, dan Alhamdulillah kami mendapat Juara 1," ujar Sri Wahyuni yang juga adalah owner salah satu kuliner online di Pidie Jaya.

    Keseluruh juara menyampaikan rasa bahagia dan berharap agar kedepannya bisa meningkatkan skill memasak bukan hanya Nasi Biryani saya, tetapi juga masakan-masakan tradisional Aceh lainnya.

    "Alhamdulillah, Bang. Saya senang, mudah-mudahan saya mampu buka usaha kuliner di Pidie Jaya ini.. dikit lagi bang.. harapan saya semoga kedepannya Pidie Jaya sering bikin acara atau event masak gitu bang," sebut Muhammad Hial Fahrun yang sudah hobi memasak sejak kecil.

    Acara Festifal Kuliner Pidie Jaya 2022 yang dirangkai dengan rangkaian Bazar Kuliner, Khanduri, Lomba Masak, serta Talkshow ditutup oleh Sekda Pidie Jaya ir. Jailani Beuramat, beliau berharap agar kuliner tradisional yang telah diwariskan dan telah ditampilkan dalam acara ini, Dinas Pariwisata Aceh dapat mempromosikan produk kuliner Pidie Jaya ke tingkat nasional maupun ke tingkat internasional. (Rel)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini