• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Expedisi Ilmiah Team AREX Umuslim Dilepas Warek III

    Lentera Nasional@
    Jumat, 29 Juli 2022, 23:27 WIB Last Updated 2022-07-29T16:28:03Z

    Team AREX Umuslim foto bersama di sela pelepasan yang berlangsung di halaman Kampus induk, (29/7).
    Bireuen - UKM PA-LH ALASKA Universitas Almuslim Peusangan Bireuen menyelenggarakan pelepasan ALASKA Rafting Expedition (AREX), di halaman Kampus induk Universitas Almuslim (29/7/2022).

    Seremonial pelepasan yang dimulai sejak pukul 09:30 tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan dihadiri unsur Rektorat Almuslim, Organisasi Mahasiswa, Dewan Pembina UKM PA-LH ALASKA serta sejumlah tamu undangan dari organisasi Pencinta Alam lainnya itu secara simbolis dipimpin oleh Wakil Rektor III Universitas ditandai dengan penyematan atribut rafting kepada perwakilan team.

    Wakil Rektor III Universitas Almuslim dalam arahannya mengapresiasi kegiatan AREX. Ia menaruh harapan agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan rutin setiap tahunnya.

    Selain itu pula, Muliari juga mengimbau supaya seluruh Ormawa Umuslim dapat melakukan kegiatan-kegiatan besar dan bermanfaat lainnya guna pengembangan diri, minat bakat mahasiwa maupun penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi banyak pihak.

    Sebelumnya, Rozi Aulia selaku ketua Panitia dalam laporannya berujar, ekspedisi ini semula akan dimulai pada tanggal 30 Juli 2022 dengan titik start di Danau Lut Tawar. Namun dikarenakan kondisi cuaca beberapa hari ini intensitas hujan tinggi, mengakibatkan debit air di Sungai Krueng Peusangan meningkatkan hingga berpotensi Arus kencang akan menghambat proses pengambilan data pada titik-titik point yang telah di mapping sebelumnya.

    Lanjutnya, kegiatan ALASKA Rafting Expedition (AREX) dilaksanakan di Krueng Peusangan mulai dari hilir di Danau Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah sampai hulu Di Kuala Ceurapee Kabupaten Bireuen.

    Karenanya start ekspedisi itu terpaksa diundur beberapa hari kedepan sampai debit air Krueng Peusangan kembali stabil.

    Dewan Senior UKM PA-LH ALASKA, Suryadi, S.Pd mengatakan, kegiatan Expedisi dimaksud dilaksanakan sebagai pengganti expedisi Leuser yang rencananya dilangsungkan di Krueng Peusangan Tahun 2022.

    Sementara menurut Ketua Umum UKM PA-LH ALASKA, penundaan expedisi ini karena dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas penggambilan data ilmiah.

    Ditambahkan, ekspedisi ilmiah tidak hanya sebatas adventure, tetapi proses pengambilan data pun menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Aspek kesehatan dan keselamatan team pula hal utama.

    Nantinya, data ilmiah hasil kegiatan tersebut akan dipaparkan dalam Seminar Lingkungan yang dilaksanakan beberapa pekan kemudian yang bertepatan dengan peringatan Milad UKM PA-LH ALASKA ke-17 dan HUT RI ke-77 Tahun 2022.

    Pembina UKM PA-LH ALASKA Chalil As’ari menekankan, faktor lain yang terpenting dalam berkegiatan adalah kedisiplinan waktu. Harapannya kepada team untuk dapat memanajemen waktu sebaik mungkin. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini