• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Resmikan Balee Damee di Blang Dalam Jeumpa, Kajati Aceh Apresiasi Kajari Bireuen

    Lentera Nasional@
    Jumat, 24 Juni 2022, 01:01 WIB Last Updated 2022-06-24T04:09:33Z
    Kajati Aceh, Bambang Bachtiar, SH.,MH foto bersama Forkopimda Bireuen dan Ulama, (23/6), di Gampong Blang Dalam Kecamatan Jeumpa.
    Bireuen - Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh (Kajati Aceh) Bambang Bachtiar meresmikan Rumah Restorative Justice di Gampong Blang Dalam, Kecamatam Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Kamis 23 Juni 2022.

    Hadir pada giat resmi Korps Adhyaksa tersebut yakni, Bupati Bireuen lengkap bersama unsur Forkopimda, Abon Cot Tarom, Para Kepala Dinas, Badan dan Instansi, serta Camat se-kabupaten Bireuen, Ketua APDESI Kabupaten Bireuen Bahrul Fazal yang juga menjabat Keuchik Gampong Cot Bada Kecamatan Jeumpa dan jajaran, ditambah dengan para undangan lainnya.

    Dalam sambutannya, Bambang Bachtiar menuturkan Restorative Justice perlu dilakukan di setiap Desa. Hal tersebut dirasa penting untuk menyelesaikan perkara hukum secara damai tanpa harus menuju ke pengadilan.

    "Saya berharap pembentukan Rumah Restorative Justice ini akan terus diperluas di setiap Desa yang di Kabupaten Bireuen. Wadah ini harus dipergunakan sebaik mungkin agar masyarakat yang mengalami permasalaham hukum dapat diselesaikan secara damai tanpa harus menuju ke pengadilan," ujar Kajati Aceh itu.

    Orang nomor 1 di Korps Adhyaksa Provinsi Aceh itu juga mengapresiasi Jajaran Kejaksaan Negeri Kabupaten Bireuen dibawah komando M. Farid Rumdana, SH.,MH karena telberhasil melahirkan 2 Rumah Restorative Justice ini dengan sangat baik dan sudah menyelesaikan 12 kasus dengan jalan perdamaian.

    Hal itu menurut Bambang adalah suatu keberhasilan bagi Kejari Kabupaten Bireuen dibandingkan dengan Kabupaten lain yang ada di Aceh.

    Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bireuen Farid Rumdana mengucapkan terimakasih kepada Kajati Aceh beserta rombongan yang sudah berkenan hadir di Kabupaten Bireuen.

    Kajari Bireuen menjelaskan bahwa, peresmian Rumah Restorative Justice (RJ) di Gampong Blang Dalam Kecamatan Jeumpa ini merupakan yang kedua. Sebelum itu, pihaknya juga sudah meresmikan Rumah Perdamaian serupa di Gampong Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang Bireuen.

    "Ini merupakan peresmian Rumah Restorative Justice yang kedua, sebelumnya juga sudah diresmikan di Cot Gapu. InsyaAllah kami akan senantiasa mengupayakan agar program ini dapat berjalan dengan baik sehingga kemanfaatannya bagi masyarakat yang membutuhkan penyelesaian hukum secara damai berdampak baik," ungkap Muhammad Farid.

    Sementara Bupati Bireuen Muzakkar A.Gani mengatakan dengan adanya Rumah Restorative justice berharap bisa membuat masyarakat Kabupaten Bireuen menjadi taat hukum, saling menjaga satu sama lain, sehingga tidak ada yang tersandung hukum.

    "Juga kepada seluruh jajaran panitia yang telah menyumbangkan pemikiran, tenaga, perhatian untuk menyiapkan segala kebutuhan sehingga acara ini berjalan dengan sukses,"ungkap Bupati.

    Usai prosesi kegiatan secara simbolis, Kejati Aceh yang didampingi Kejari Bireuen, Bupati Bireuen, Ketua DPRK Bireuen, Ketua APDESI Bireuen, dan sejumlah pejabat lainnya melakukan pemotongan pita tanda diresmikannya rumah Restorative Justice yang diberi nama Balee Damee. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini