Breaking News

Melihat Pesona 4 Pulau Sengketa Perbatasan Aceh-Sumut



Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri telah menetapkan empat pulau di perbatasan Sumatra Utara (Sumut)–Aceh, masuk ke dalam wilayah administrasi Sumut. Empat pulau tersebut yaitu Pulau Mangkir Gadang, Pulau Mangkir Ketek, Pulau Lipan, dan Pulau Panjang.


Keputusan itu diumumkan dalam Kepmendagri Nomor 050-145 Tahun 2022 tentang Pemberian dan Pemutakhiran Kode, Data Wilayah Administrasi Pemerintah dan Pulau Tahun 2021, tertanggal 14 Februari 2022.


Empat pulau tersebut memang dikenal dengan pesona wisata, Berikut Referensi Berdasarkan Halaman Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).


1. Pulau Mangkir Besar
Pulau Mangkir Gadang atau Mangkir Besar secara geografis pada titik koordinat pulau 020 08' 49" LU dan 980 07' 29" BT. Pulau ini secara administratif terletak di Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah.


Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006 dan hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi tahun 2007 Pulau Mangkir Gadang tidak mengalami perubahan nama.


Topografi pulau ini secara umum berupa pantai berpasir putih dengan vegetasi yang didominasi oleh tanaman kelapa dan mangrove. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenduduk.


2. Pulau Mangkir Ketek
Pulau Mangkir ketek atau Mangkir Kecil secara geografis terletak pada titik koordinat pulau 020 08' 26" LU dan 980 08' 37" BT. Pulau ini secara administratif terletak di Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah.


Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006 dn hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi tahun 2007 Pulau Mangkir Ketek tidak mengalami perubahan nama.


Topografi pulau ini secara umum berupa pantai berpasir putih dengan vegetasi yang tumbuh antara lain kelapa, cemara laut dan mangrove. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenduduk


3. Pulau Lipan
Pulau Lipan merupakan salah satu pulau yang berada di Samudra Hindia. Pulau ini berada di sisi barat Pulau Sumatra.


Secara administrasi, Pulau Lipan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia.


Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006, pulau ini bernama Pulau Lipan. Dari hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi tahun 2007, Pulau ini tidak mengalami perubahan nama.[1] Namun, tidak ditemukan sumber yang menjelaskan kenapa pulau ini diberi nama Pulau Lipan.


Topografi pulau ini secara umum adalah pulau yang datar. Pulau Lipan memiliki pantai berpasir putih dengan daratannya yang didominasi oleh vegetasi pohon kelapa, dan bakau.


Pulau Lipan tercatat sebagai salah satu pulau yang tidak berpenduduk.


4. Pulau Panjang
Pulau Panjang secara geografis terletak pada titik koordinat pulau 01°45'12'' LU dan 01°45'12'' BT. Pulau ini secara administratif masih menjadi perdebatan antara Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Kota Sibolga.


Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006 dan hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi tahun 2007 Pulau Panjang tidak mengalami perubahan nama.


Topografi pulai ini secara umum berupa dataran berbukit dan sebagian landai dengan pantainya berpasir putih. Vegetasi yang tumbuh antara lain kelapa, rumput, bakau dan tumbuhan tingkat tinggi. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenduduk.





© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini