• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Komunitas Vespa Ekstrim, Solidaritas dan Toleransi yang Hebat

    Arief Salman
    Minggu, 19 Juni 2022, 14:18 WIB Last Updated 2022-06-19T13:26:48Z
    Solidaritas Menurut Emile Durkheim, arti solidaritas adalah keadaan saling percaya antar anggota kelompok atau komunitas. 

    Jika orang saling percaya mereka akan menjadi satu atau menjadi sahabat, menjadi saling menghormati, menjadi saling bertanggung jawab untuk saling membantu dalam memenuhi kebutuhan dan tujuan yang sama.

    Sedangkan toleransi adalah sebuah sikap untuk saling menghargai, menghormati, membiarkan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada antar sesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri.

    Menjalankan kehidupan solidaritas dan toleransi merupakan salah satu sifat asli yang melekat pada diri bangsa Indonesia.

    Budaya orang indonesia kental dengan ramah tamah, gotong royong, saling hormat menghormati dan bermusyarawarah itu kerap kali kita lihat dari budaya masyarakat indonesia. 

    Walaupun bangsa indonesia terdiri dari beberapa ras, budaya, serta tradisi masing masing yang sudah dipastikan berbeda.

    Sekilas tentang Komunitas Vespa Ekstrim
    Vespa menjadi motor yang sangat fleksibel bagi para modifikator. Saking fleksibelnya, motor asal Italia itu bisa dimodifikasi dengan ekstrem.

    Saking ekstremnya, modifikasi ini sampai mengubah wujud Vespa tersebut, Tampilan begitu nyeleneh lantaran sarat aksesori barang bekas. 

    Ada botol minuman dan botol oli yang tertata rapi, saling bersambung hingga menutupi empat sisi bagian tengah kabin, yang sepintas berbentuk bak truk persegi panjang.

    Sekitar salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di kota Banda Aceh, Aceh, LN.Com menjumpai dua kelompok komunitas vespa ekstrem.

    Mereka berhenti sejenak akibat kelelahan dan mengisi beberapa jerigen untuk bekal dan persediaan bbm mereka yang telah disediakan di daerah basecamp komunitas Vespa Ekstrim tersebut.

    Seorang anggota komunitas vespa ekstrem yang bernama Bimbim, Sekilas wajah dan bentuk tubuhnya mirip dengan personel band Slank yang terkenal tersebut. 

    "Moto kami 'satu vespa sejuta saudara', bisa mengenal kawan-kawan senasib di jalan yang berasal dari beragam daerah, sebabnya ikatan solidaritas kami sangat kuat, Bentuk solidaritas itu dibuktikan dengan membolehkan siapa pun menumpang vespa miliknya untuk satu tujuan", Ujar Bimbim.

    Bimbim mengatakan masyarakat sering menilai komunitas vespa ekstrem negatif karena penampilan mereka.

    "Masyarakat sering menilai kami negatif, Mungkin karena penampilan kami yang kumuh dan bertato", Sambungnya.

    "Masyarakat sering menilai kami negatif, dan sering dianggap suka mengganggu ketertiban dan membahayakan keselamatan pengguna jalan", Jelasnya kepada LN.Com.

    "Mungkin karena penampilan kami yang kumuh dan bertato" ya bang, tapi hati kami Kartini Lo bang, Hehehehe, Kata Bimbim sambil berseloroh.

    Bimbim berpesan kepada siapa saja yang dengan mudah menghakimi komunitas Vespa Ekstrim.

    "Jangan mudah menghakimi seseorang karena penampilan, mayoritas anak vespa ekstrem tahu tata krama di jalan dan bersikap baik kepada masyarakat", Tegas Bimbim.

    Mereka hebaat, Penulis sampai terkagum-kagum kepada komunitas Vespa Ekstrim tersebut.

    "Tapi yaa sudahlah, Bermacam cara menikmati kehidupan ini, Mungkin caranya saja berbeda, Tapi tujuannya tetap sama", Memperoleh ilmu dan Pelajaran yang tidak pernah ditemukan di sekolah-sekolah formal"

    Diakhir perbincangan penulis mengucapkan Assalamualaikum, Semoga sampai tujuan dengan selamat.

    Amiin, Sambut mereka bersama-sama. terima kasih bang.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini