• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Jurusan Agribisnis USK Jalin Kerjasama dengan Anak dari Holding Astra Internasional

    Arief Salman
    Kamis, 09 Juni 2022, 15:37 WIB Last Updated 2022-06-09T08:39:38Z
    Ketua Jurusan Agribisnis USK, PT. Karya Tanah Subur (KTS) dan PT. Perkebunan Lembah Bhakti (PLB) menandatangi Perjanjian Kerja Sama (MoA) yang berlangsung di Lokasi Kebun PT. KTS Kecamatan Kawai XIV Aceh Barat, Rabu (8/6/2022).

    Kedua perusahaan perkebunan tersebut merupakan anak dari Holding PT. Astra Internasional Tbk. yang berkantor di Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur.  

    Penandatangan MoA tersebut dilakukan oleh Dr. Ir. Indra, MP (Ketua Jurusan Agribinis USK) bersama Wahyu M. Ritonga dan Benedictus Koento H, keduanya bertindak sebagai Direktur PT. KTS dan PT. PLB. Hadir juga pada acara tersebut Bapak Martuah Nasution (Administratur PT. KTS), Riduan Manik (Community Development Area Manager), dan beberapa pejabat lainnya.

    Bidang kerjasama yang telah disepakati secara umum meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.  Sebagai implementasinya, dalam waktu dekat Program Studi Agribisnis akan melaksanakan kegiatan  kuliah umum dengan narasumber dari kedua perusahaan tersebut, penempatan mahasiswa untuk pelaksanaan Kuliah Kerja Profesi (KKP), magang/praktik kerja, program praktisi mengajar, dan kolaborasi penelitian.  ”Kerjasama ini bertujuan dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas mahasiswa dan dosen Prodi Agribisnis USK dalam menterjemanhakan dan melaksanakan amanat MBKM bersama-sama” ungkap Indra.

    Pada kegiatan ini, Dr. Indra mengatakan kegiatan magang/praktik kerja merupakan salah satu dari 8 area MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dalam kurikulum baru sejak 2021 yang digagas oleh Mendikbud, Nadiem Makarim.  Direncanakan kegiatan magang ini mulai dilaksanakan pada semester ganjil 2022/2023.  ”Nantinya prodi akan menempatkan mahasiswa sebanyak 10-20 orang di perusahaan perkebunan tersebut selama 5-6 bulan atau setera dengan 20 SKS, selain kegiatan KKP pada Juli 2022 yang akan menempatkan 30 orang mahasiswa selama 1 bulan” sambung Indra.  

    Lebih lanjut dikatakan bahwa output dari KKP dan magang/praktik kerja ini diharapkan mendorong peningkatan kompetensi dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dari aspek Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus.  

    Sementara itu koordinator KKP Prodi Agribisnis, Dr. Anwar Deli mengatakan, penempatan mahasiswa KKP di PT. KTS ini bukan kali pertama, namun sudah pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya dan terakhir sekali pada tahun 2019.  Sejak tahun 2020 hingga sekarang kami tidak menempatkan mahasiswa karena wabah covid 19.  

    Acara penandatangan Perjanjian Kerja Sama (MoA) juga dihadiri Ir. Edy Marsudi, M.Si, koordinator KKP pada periode sebelumnya yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh mahasiswa dengan adanya kegiatan KKP di perusahaan perkebuanan seperti KTS ini.  Lebih jauh disampaikan, bersadarkan hasil testimoni terhadap beberapa mahasiswa yang sudah pernah mengambil mata kuliah KKP, mengatakan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mereka rasakan melebihi kuliah 2-3 semester di bangku kuliah.

    Pada kesempatan tersebut, Wahyu M. Ritonga mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerjasama tersebut.  ”Perusahaan sangat terbuka dan mendukung dengan sangat baik implementasi kerjasama ini”, ungkap Wahyu.  

    Hal yang sama juga disampaikan oleh Bapak Martuah Nasution dan Riduan Manik. Acara tersebut diakhiri dengan ngobrol santai sambil menikmati hidang makan siang yang bersahaja. (Lia)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini