• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    5 Posisi Beken di Industri Media, Pemula Wajib Tau Biar Ngak Gagal Paham

    Arief Salman
    Selasa, 03 Mei 2022, 18:35 WIB Last Updated 2022-05-03T12:01:52Z
    Anda meluncurkan kampanye, mengirim email, dan membuat strategi dengan satu tujuan – untuk mendapatkan perhatian media. Tapi apa perbedaan antara jurnalis dan reporter? Bagaimana dengan perbedaan antara kontributor dan koresponden?

    Posisi ini bisa sulit dibedakan jika Anda tidak terbiasa dengan industri ini. Untuk menyampaikan kepada setiap individu, memahami peran mereka akan membantu Anda memberikan sentuhan personal dan mengoptimalkan upaya dalam menjangkau media.

    Dirangkum oleh LN.Com dari berbagi sumber, Mari kita uraikan lima posisi industri media online paling, beken, populer dan menyoroti perbedaannya.

    1. Jurnalis
    Istilah jurnalis adalah titel umum untuk setiap anggota media yang bekerja dalam industri jurnalisme, Dengan kata lain, title-titel lainnya dapat dikategorikan sebagai jurnalis di tingkat makro. Reporter, produser, fotografer, dan orang yang berada di depan kamera semuanya dapat dianggap sebagai jurnalis.

    Peran seorang jurnalis adalah Menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secara teratur. Memeriksa keautentikan suatu informasi yang akan disampaikan. Melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik.

    2. Reporter
    Reporter adalah salah satu jenis jabatan kewartawanan yang bertugas melakukan peliputan berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik, baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam situs berita di internet, ataupun secara lisan, bila laporannya disampaikan melalui media elektronik radio atau televisi.

    Seorang reporter bertugas dalam meliput, menulis naskah, atau bahkan merangkap menjadi seorang penyiar berita. Reporter harus memiliki dedikasi yang sangat tinggi bukanlah pekerjaan yang mudah tentunya bagi seoramng reporter Page 4 menyampaikan berita kepada pemirsanya.

    3. Kontributor
    Kontributor adalah sebutan bagi wartawan yang ditempatkan di daerah yang tidak berada dalam satu wilayah kota dengan kantor pusat media pers tempatnya bekerja, tidak bekerja full time, mereka dibayar berdasarkan proyek. Mereka berkontribusi ke outlet media.

    Seperti jurnalis umumnya, kontributor bekerja mempertaruhkan waktu, terkadang keselamatan dan nyawa untuk mencari berita, bahaya dan ancaman bisa datang kapan saja demi hasil liputan yang maksimal. Seorang kontributor baru dibayar jika berita atau hasil karyanya ditayangkan di media.

    4. Koresponden
    Koresponden adalah jurnalis atau komentator yang memberikan laporan kepada koran, radio atau berita televisi dari lokasi lain. 

    Yang membedakan koresponden dan reporter adalah bahwa biasanya seorang koresponden ditugaskan untuk meliputi suatu hal yang sangat spesifik topik kelasnya seperti contohnya koresponden agama, pendidikan, ekonomi, ilmu pengetahuan dan sebagainya. 

    Adapun juga istilah nya sebagai Koresponden luar negeri yang bertugas dan bertempat tinggal di negara asing meliputi suatu kejadian yang layak untuk diberitakan dengan pengetahuan penuh tentang keadaan dan konteks setempat, Koresponden perang melaporkan berita dari zona perang secara langsung atau tidak langsung, dan merupakan bentuk jurnalisme paling berbahaya.

    5. Editor
    Editor atau penyunting adalah orang, atau program, yang melakukan penyuntingan (pengeditan), perubahan pada suatu naskah, berita, audio, gambar, video, film baik di media cetak, media elektronik, maupun di media baru.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini