• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Hak Berserikat dan Berkumpul Dijamin UUD 45, PDSI Tegaskan Berdiri Terpisah dari IDI

    Arief Salman
    Sabtu, 30 April 2022, 03:50 WIB Last Updated 2022-04-29T22:22:48Z
    Berdasar Surat Keputusan nomor: AHU-0003638.AH.01.07.Tahun 2022 tanggal 10 April 2022 disusun oleh Subuh Priyambodo, SH, Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi dideklarasikan setelah organisasi kemasyarakatan (ormas) ini mendapatkan pengesahan secara hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

    “Pemberian pengesahan badan hukum tersebut merupakan wujud pelaksanaan dan penghormatan atas prinsip kebebasan berserikat dan berkumpul yang dijamin oleh konstitusi,” ujar Direktur Perdata Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Santun Maspari Siregar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (29/4/2022).

    Ketua PDSI Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto mengatakan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia atau PDSI menyatakan bahwa mereka adalah organisasi profesi kedokteran baru yang terpisah dengan Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, sehingga para dokter kini punya pilihan lain untuk bernaung.

    "Jadi kami berdiri terpisah dengan organisasi yang selama ini (IDI), kami sudah punya ketetapan hukum dari Kemenkumham, jadi kami resmi diakui oleh pemerintah. Kami di bawah Konsul Kedokteran Indonesia," kata Jajang usai deklarasi PDSI di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

    PDSI mencanangkan visi menjadi pelopor reformasi kedokteran Indonesia yang menjunjung tinggi kesejawatan, serta berwawasan Indonesia untuk dunia demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini