• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Berawal di Gampong Mulia, Berikut Sejarah Sirup Kurnia Specie Limonade-Siroop

    Arief Salman
    Jumat, 29 April 2022, 13:17 WIB Last Updated 2022-04-29T06:20:30Z
    Bagi masyarakat Aceh siapa tak kenal dengan Sirup cap patung atau sirup Kurnia kalau di Medan disebut “Sirup Aceh”, di botolnya ada gambar patung Liberty, dengan tulisan:l specie-Limonade Siroop, Satu-satunya sirup yang berani secara terbuka menyatakan terbuat dari 100 persen gula murni.

    Berdiri sejak 1969, pabrik sirup cap patung berawal dibangun beralamat di gampong Mulia, salah satu desa di Banda Aceh dipenuhi berbagai etnis suku dan bangsa, salah satunya etnis Tionghoa, Itulah awal berdirinya pabrik PT. Kurnia Aneka Gemilang.

    Di lingkungan itulah pengusaha asal Aceh beretnis Tionghoa mencoba peruntungan membangun industri rumah tangga bernama pabrik "sirup cap Patung", sebuah sirup beraroma raspberry dengan rasa limun yang ramah, dan warna merah mawar yang sangat menggoda diproduksi sampai sekarang inilah awal mula resep racikan legendaris, pada tahun 2000 dengan penetrasi pasar di Jawa, setelah Sumatera.

    Pada awal tahun 1990 pabrik ini sempat tutup karena Aceh menjadi Daerah Operasi Militer (DOM), Beberapa waktu kemudian sirup cap patung muncul kembali dengan keterangan pada labelnya diproduksi di sebuah pabrik baru di Medan.

    Diawal berproduksi sirup ini dikemas dalam botol yang lebih mirip botol kecap, Selama dua dekade dia berjualan, dan sirup itu digemari dengan luar biasa mengalahkan sirup merk nasional yang datang dengan iklan yang gencar. Di Medan ia bahkan disebut “Sirup Aceh”, sebuah diplomasi yang tak sengaja, dan saya menduga ia telah membuat keceriaan yang sama di dua propinsi bertetangga.

    Tentu banyak sirup lain di pasar tapi di Aceh kecintaan akan sirup ini nyaris mirip sebuah fanatisme politik, ada banyak alasan untuk mencintainya sirup kurnia yang terbuat dari 100 persen gula murni. Di tengah serbuan sirup dengan pemanis buatan, tentu saja Sirup Cap Patung seakan menawarkan kemurnian sesuai dengan janji. 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini