• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kerjasama UNIKI dan UIN Ar-Raniry pada Sejumlah Program

    Lentera Nasional@
    Sabtu, 12 Februari 2022, 21:21 WIB Last Updated 2022-02-14T03:01:00Z
    Serah terima naskah MoU UNIKI dan UIN Ar-Raniry, (12/2).
    Bireuen - Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen resmi menjalin kerjasama dibuktikan dengan penandatanganan MoU dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniriy Aceh pada sejumlah program, Sabtu (12 Februari 2022).

    Prosesi acara itu berlangsung di Aula lantai III kampus utama UNIKI diawali dengan penyampaian sambutan Rektor UNIKI kemudian Pembina Yayasan Kebangsaan Bireuen.

    Rektor UNIKI Prof. Dr. H. Apridar, SE.,M.Si di sela acara mengatakan bahwa Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Warul Walidin, AK.,MA sangat respek terhadap UNIKI yang perkembangannya sangat luar biasa sehingga beliau merekomendasikan dan mengizinkan membuka 3 (tiga) program studi bidang Syariah di UNIKI dan menyempatkan diri hadir langsung ke Bireuen untuk melakukan penandatanganan MoU tersebut.

     "Setelah peninjauan dan penilaian yang dilakukan, dengan segala potensi plus yang dimiliki UNIKI, Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Warul Walidin, AK.,MA bersedia bahkan meminta datang langsung ke Bireuen untuk menandatangani naskah MoU disaksikan Pembina Yayasan Kebangsaan Bireuen, Pemerintah Kabupaten Bireuen, Wakil DPRK dan sejumlah unsur Akademika kedua kampus, seperti yang berjalan hari ini" tukas Apridar.

    Menurutnya, penandatanganan MoU dimaksudkan bertujuan membangun pendidikan optimal bagi masyarakat Aceh khususnya kabupaten Bireuen dalam dimensi Islami.

    Adapun kerjasama antara dua Perguruan Tinggi di Provinsi Aceh itu memfokuskan diri pada bidang Program Studi Pendidikan Ilmu Agama, Ekonomi Syariah dan Hukum Syariah.

    Berikutnya pertukaran SDM akan berjalan dimulai Tahun Akdemik 2022-2023 ini. Dijelaskannya, Dosen UNIKI akan bisa mengajar di UIN Ar-Raniry, begitu pula mahasiswa bisa melakukan perkuliahan disana, juga sebaliknya, karena masing-masing Universitas memiliki potensi plus tersendiri.

    "Pada program studi, akan hadir 3 jurusan Syariah di UNIKI Bireuen yaitu Pendidikan Ilmu Agama, Ekonomi Syariah dan Hukum Syariah. Sedangkan untuk program pertukaran, kelak Dosen UNIKI akan bisa mengajar di UIN Ar-Raniry, begitu pula mahasiswa bisa melakukan perkuliahan disana, begitu pula sebaliknya. Saya sendiri sudah diminta untuk menjadi pembimbing dan penguji di Program Magister (S-2) dan Doktoral (S-3) di UIN Ar-Raniry," tutur Apridar.

    Menurut Rektor UNIKI, setelah Prof. Warul Walidin melakukan peninjauan dan penilaian UNIKI yang luar biasa, karena memiliki rusunawa yang diperuntukkan bagi mahasiswa dari luar daerah yang menimba ilmu, memiliki kerjasama dengan dayah-dayah besar di Bireuen serta mampu mengintegrasikan keilmuan umum dengan syariah.

    Senada dengan Apridar, Warul Walidin dalam sambutannya di hadapan Civitas UNIKI serta para tamu undangan yang hadir juga menegaskan hal yang sama. Bahwa pihaknya akan segera membuka tiga program studi Syariah di Bireuen bekerjasama dengan UNIKI serta akan melakukan pertukaran SDM di kedua kampus dimaksud.

    Menurutnya, melalui program pertukaran Dosen dan Mahasiswa UIN Ar-Raniriy dengan UNIKI Bireuen akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan bernuansa Syariah khususnya masyarakat di Kabupaten Bireuen, sehingga terciptanya keseimbangan keilmuan yang optimal.

    Jalannya kegiatan kian semarak karena dirangkai dengan sambutan dan kuliah umum yang dipandu langsung sang Rektor UIN Ar-Raniry hingga terlihat diikuti dengan seksama oleh para peserta.

    Pantauan lenteranasional.com tampak hadir Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Warul Walidin, AK.,MA bersama rombongan, Rektor UNIKI Prof. Dr. Apridar, SE.,M.Si dan jajaran, Pembina Yayasan Kebangsaan Bireuen DR. H. Amiruddin Idris, SE.,M.Si, Bupati Bireuen yang diwakili Asisten I Setdakab Bireuen Mulyadi SH,.MM, dan Ketua DPRK Bireuen diwakili Syauqi Futtaki, S.Fil selaku Wakil I di DPRK Bireuen periode 2019-2024.

    Berikut pula hadir para Wakil Rektor I, II dan III, serta para Dekan, Kepala Prodi, Dosen dan seratusan Mahasiswa UNIKI baik yang sedang menempuh pendidikan program studi Sarjana (S-1) maupun Magister (S-2). (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini