Breaking News

Pemkab Aceh Jaya Apresiasi Program KKN Mahasiswa USK

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyampaikan apresiasi terhadap berbagai program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Aceh Jaya H. Mustafa S.Pd, M.A.P pada kegiatan penyerahan kembali mahasiswa KKN kepada pihak USK di Aula Pemkab Aceh Jaya. (Calang, 6 Januari 2022).

Mustafa menilai, kehadiran mahasiswa KKN USK telah banyak memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Aceh Jaya. Berbagai program pengabdian masyarakat tersebut, secara tidak langsung turut meningkatkan pengetahuan masyarakat yang sangat berguna kehidupan mereka.

Untuk itulah, Mustafa menyampaikan terima kasih kepada USK yang telah memilih Kabupaten Aceh Jaya sebagai tujuan program KKN periode ini. Ia pun berharap, para mahasiswa KKN ini tetap menjadikan Aceh Jaya sebagai lokasi studinya.

“Terhadap mahasiswa yang sudah melakukan KKN di Aceh Jaya, kiranya juga dapat melakukan studi penulisan karya tulis/skripsi dengan lokus di Aceh Jaya,” ucap Mustafa.

Pada kesempatan itu, Mustafa juga menyambut baik usulan dari USK terkait penulisan sejarah raja-raja Po Teumeureuhom. Ia mengungkapkan, pihak Pemkab Aceh Jaya siap untuk memfasilitasi baik data atau informasi yang dibutuhkan terkait penulisan sejarah tersebut.

Sementara itu, Wakil Rektor III USK Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep menjelaskan pada KKN periode ke 20 ini USK melepas sebanyak 1.096 mahasiswanya pada empat kabupaten yaitu Aceh Besar, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Aceh Singkil. Dari jumlah tersebut, sebanyak 402 mahasiswa USK melaksanakan kegiatan KKN-nya di Aceh Jaya khususnya di Kecamatan Sampoiniet.

Hajjul Kamil menilai, penempatan mahasiswa KKN ini sangat membantu USK dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tingginya. Sebab kegiatan KKN mampu menggambarkan tiga dharma tersebut sekaligus, yaitu mahasiswa KKN sebagai ruang pendidikan untuk mencukupi 3 SKS, KKN sebagai hilirisasi dari pelaksanaan penelitian di perguruan tinggi, dan KKN sebagai ruang pengabdian yang nyata dari kampus kepada masyarakat.

Oleh sebab itu, Hajjul menyampaikan terima kasih atas dukungan semua Pemkab yang menjadi lokasi KKN USK periode ini. Termasuk masyarakat Aceh Jaya yang turut mendukung kegiatan KKN ini sehingga terlaksana dengan baik.

“Keterlibatan Pemkab Aceh Jaya dan jajarannya hingga tingkat gampong, bukan hanya telah membantu USK sebagai perguruan tinggi. Tapi turut mampu memberikan dampak yang luas bagi masyarakat,” ucapnya.

 Pada kegiatan KKN kali ini, USK mengangkat tema “Pemberdayaan Sumber Daya Gampong untuk Mewujudkan Desa Mandiri dan Tangguh Bencana”. Hajjul mengungkapkan, tema tersebut sengaja dipilih untuk mendukung penguatan kesadaran bencana di masyarakat.
Karena hal ini pula, berbagai program KKN mahasiswa USK difokuskan pada kegiatan mitigasi. Sebab dalam jangka panjang, ungkapnya, pemahaman kesadaran bencana seperti ini sangatlah penting bagi masyarakat.


“Atas dasar keadaan seperti itulah, program-program yang telah dilaksanakan mahasiswa terkait mitigasi bencana, sebaiknya dilanjutkan oleh Pemerintah hingga tingkat gampong,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Dekan FKIP, Dosen Pendamping Lapangan (DPL), serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Aceh Jaya.
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini