• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Penyerahan Sertifikat Kepada Masyarakat Miskin oleh BPN Bireuen Dihadiri Presiden Jokowi

    Lentera Nasional@
    Selasa, 14 Desember 2021, 22:13 WIB Last Updated 2021-12-21T15:21:24Z
    Kepala BPN Bireuen M. Zainun Zahri, A.Ptnh, MH, dan Bupati Muzakkar A Gani foto bersama Masyarakat penerima Sertifikat tanah PTSL, (13/12).
    Bireuen - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bireuen secara simbolis menyerahkan 50 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) oleh Kementerian ATR/BPN RI kepada para masyarakat miskin yang tersebar di 17 Kecamatan se-kabupaten Bireuen, Senin (13 Desember 2021).
    Suasana penyerahan sertifikat tanah program PTSL di BPN Bireuen.
    Acara penyerahan tersebut berlangsung di Oproom Kantor Pusat Pemerintahan Cot Gapu Bireuen itu dengan menerapkan protkes ketat, dihadiri langsung Bupati Bireuen DR Muzakkar A Gani SH.,M.Si bersama SKPK, para Asisten Setdakab Bireuen, Camat, Tgk. H. Nuruzzahri (Waled Nu Samalanga), Kepala BPN Bireuen Muhammad Zainun Zahri,A.Ptnh,MH dilengkapi jajaran serta para tamu undangan lainya.

    Selain itu, turuh hadir melalui daring yaitu, Presiden Joko Widodo dan Menteri ATR/BPN Sofyan A Jalil, BPN Kab/kota dalam provinsi Riau, Aceh dan Sumatera Barat.

    Bupati Bireuen Dr.H.Muzakkar A Gani,SH.,M.Si dalam sambutannya mengatakan dengan adanya hak milik tanah (sertifikat) maka tanah milik kita sudah sah diakui negara dan bisa membantu masyarakat dalam berusaha.

    "Dengan sertifikat ini bisa membantu Bapak Ibu membangun usaha, untuk menitipkan sertifikat ke Bank sebagai jaminan, agar bisa mengambil uang untuk keperluan dunia usaha," jelas Bupati Bireuen.

    Sementara itu, Kepala BPN Bireuen Muhammad Zainun Zahri menjawab wartawan menjelaskan, pada hari ini, Senin (13/12) pihaknya secara simbolis menyerahkan 50 sertifikat kepada masyarakat miskin, dari jumlah keseluruhanya yang bakal diserahkan yakni sebanyak 6.000 sertifikat tanah kepada pemilik tanah yang sudah diproses di BPN Bireuen selama ini.

    M. Zainun mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan sertipikat untuk mengembangkan usaha jika diperlukan.

    "Harapan kami, dengan adanya penyerahan sertifikat PTSL yang dilakukan saat ini kepada pemilik tanah, masyarakat bisa memanfaatkan sertipikat untuk mengembangkan usaha jika diperlukan kemudian hari," ucap Kepala BPN Bireuen.

    Dikatakannya, BPN Bireuen terus berupaya menuntaskan masalah sertifikat tanah bagi masyarakat Bireuen, dengan target pada tahun 2023 kelak semua masyarakat sudah memiliki sertifikat tanah.

    Ditanya berkaitan dengan persoalan penyediaan alas hak tanah (aset Pemkab Bireuen), dirinya mengaku tidak memiliki wewenang. Namun semua itu lanjutnya adalah hak penuh Pemerintah Daerah sendiri untuk mengusulkan dan mengajukan kepada BPN.

    "Kami tidak berwenang dalam hal penyediaan alas hak tanah aset Pemda karena itu wewenang penuh Pemerintah Daerah sendri mengusulkan dan mengajukan kepada BPN untuk mendaftarkan tanahnya. Sementara kami dari pihak BPN akan siap membantu kesiapan sertifikat dimaksud berapapun jumlah yang diajukan, dan kami akan melaksanakan secepatnya," pungkas M. Zainun Zahri. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini