• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    India Gelar Latihan Militer yang Jaraknya Hanya 700 Km dari Sabang

    Arief Salman
    Minggu, 26 Desember 2021, 13:00 WIB Last Updated 2021-12-26T06:00:25Z
    India dilaporkan menggelar latihan militer berskala besar dengan angkatan bersenjata dan pasukan terjun payung di Kepulauan Andaman dan Nicobar, Hal ini menjadi perhatian sebab wilayah latihan militer ini terletak tidak jauh dari Pulau Sabang, provinsi Aceh, Indonesia, yakni sekitar 700 kilometer.

    Latihan gabungan antara angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara (IAF), penjaga pantai serta korps pasukan khusus ini dilakukan guna menguji mobilisasi, operasi, dan kesiapan tempur anggota.

    Ini dilakukan untuk memvalidasi dan melatih berbagai rencana dan kontinjensi dalam pengaturan taktis yang realistis di bawah komando dan kendali keseluruhan Komando Andaman dan Nicobar bersama (ANC), yakni satu-satunya komando operasi atau teater layanan gabungan negara.

    Komandan ANC Letnan Jenderal Ajai Singh mengatakan pasukan dari angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara akan dimobilisasi untuk pendaratan amfibi selama manuver tempur.

    Sementara pasukan terjun payungnya juga melakukan serangan udara di wilayah pulau Andaman pada Rabu (22/12/2021) pagi lalu.

    India mulai meningkatkan militer mereka di tengah konfrontasi militer yang sedang berlangsung dengan China di Ladakh timur sejak April-Mei 2020 silam.

    ANC didirikan sebagai komando geografis gabungan pertama India pada Oktober 2001. Namun ini belum mencapai potensinya karena perang wilayah antar tiga Angkatan, apatisme politik-birokrasi umum, krisis dana, dan masalah lingkungan. (CNN Indonesia).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini