• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gunung Semeru Erupsi, 3 Gunung Ini dalam Status Siaga

    Arief Salman
    Minggu, 05 Desember 2021, 22:23 WIB Last Updated 2021-12-05T15:23:49Z
    Gunung Semeru erupsi dan mengeluarkan awan panas. Ternyata tak hanya Semeru, tiga gunung api ini juga sedang berstatus waspada.

    Gunung pertama adalah Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Saat ini, gempa vulkanik yang berkaitan dengan guguran, pertumbuhan kubah lava serta aktivitas tektonik.

    Adapun masyarakat direkomendasikan agar tidak melakukan kegiatan apapun pada radius 3 km dari puncak, maksimal 3 km ke arah sungai Woro serta 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih. Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi.

    Bukan cuma di Pulau Jawa, Gunung Ili Lewotolok di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga berstatus siaga dengan visual asap putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 50-300 meter dari puncak. Bukan cuma itu, letusan disertai lontaran material pijar dan suara gemuruh lemah hingga sedang.

    "Gempa vulkanik yang berkaitan dengan letusan, hembusan asap kawah, dan getaran menerus yang berkaitan dengan aktivitas magma, serta aktivitas tektonik terus terjadi pada Ili Lewotok," kata keterangan resmi.

    Adapun masyarakat di sekitar G. Ili Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak/kawah G. Ili Lewotolok. Bukan cuma itu, masyarakat Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak/kawah G. Ili Lewotolok.

    Gunung Sinabung di Sumatera Utara (Sumut) juga berstatus siaga dengan Asap putih dengan intensitas tipis, tinggi sekitar 50-200 meter dari puncak dengan aktivitas tektonik, 1 kali gempa tektonik lokal dan 6 kali gempa tektonik jauh.

    "Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G. Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara dan barat," imbau Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi.

    Selain itu, ada 11 gunung dengan status waspada, yaitu Gunung Ile Werung/Hobal dan Gunung Sirung di NTT, Karangetang di Sulawesi Utara, Semeru, Anak Krakatau di Lampung, Dukono, Ibu, dan Gamalama di Maluku Utara, Kerinci di Jambi dan Sumatera Barat, Bromo di Jawa Timur, serta Soputan di Sulawesi Utara.[detik.com]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini