• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gebrakan KPM Gampong Karieng Cegah Stunting Dihadiri Ketua TP-PKK Kecamatan Peudada

    Pandy
    Minggu, 12 Desember 2021, 10:12 WIB Last Updated 2021-12-12T12:02:09Z


    Foto. Kegiatan Pelayanan Dasar "Buu Ganteng, Menjaga Pola Makanan Sehat terhadap Ibu Hamil dan Balita GP Karieng Peudada Bireuen (09/12/2021)
    Bireuen - Peran Posyandu dan BKB kini tidak hanya berkutat pada aktivitas bulanan penimbangan balita saja. Namun juga dituntut untuk dapat terintegrasi dengan kegiatan strategis lainnya seperti meningkatkan pola makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakat.

    Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua TP-PKK melalui Sekretaris TP-PKK ibu Sriana yabg turut didampingi Oleh Ketua KPM ibu Nurjannah Gampong Karieng Peudada Bireuen Kamis, (09/12/2021) disela-sela sosialisasi posyandu terintegrasi untuk dapat menjaga pola kesehatan yang normal dan dapat mencegah stunting.

    Menurutnya, posyandu terintegrasi dapat membantu kegiatan pelayanan dasar terutama dalam menjaga PMT terhadap ibu hamil dan PMT terhadap balita, hal ini upaya pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan dasar, pendidikan dan ekonomi yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dapat terjaga dengan baik.
     
      
     
     

    Dalam kegiatan Pelayanan dasar tersebut Ketua TP-PKK Kecamatan Rahmawati yang didampingi oleh sekretarisnya mensosialisasikan dan memberikan sedikit gambaran dalam hal peningkatan pelayanan dasar terutama sekali mengenai wajib menjaga kesehatannya apalagi dimasa pandemi Covid-19.

    "Kita dapat memvaksin diri sendiri untuk menjaga ketahanan tubuh, selain itu kita wajib menjaga pola makan untuk mencegah stunting," ujarnya.

    Dilanjutkannya, mengapa kita perlu untuk mejaga hal tersebut ? Karena selama ini kemudahan kepada masyarakat untuk mendukung kelangsungan hidup, perkembangan dan perlindungan ibu dan anak,” mengikat dengan Undang-undang dan aturan yang berlaku.

    Dalam acara tersebut tim dari puskesmas yang membidangi KIA bagian Gizi juga menjelaskan, dengan adanya Posyandu yang berintegrasi, maka pelayanan dasar dapat terarah dengan baik.

    Namun demikian integrasi ini tidak luput dari pengawasan pihak-pihak terkait seperti TP-PKK dan KPM Gampong Karieng. Posyandu juga lebih beragam meliputi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare, serta dapat mencegah Stunting atau istilah sekarang dalam menjaga Pola Makan yaitu BU Gateng yang dilakukan dalam satu hari dan terintegrasi.

    Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan gerakan Kader Pembangunan Manusia (KPM) bekerja sama dengan kelompok TP-PKK, Bina Keluarga Balita (BKB), dan POS PAUD.

    "Saya melihat kader Posyandu dan BKB Gampong Karieng ini memiliki potensi itu untuk menjadikannya Posyandu yang terintegrasi," ujar ketua TP-PKK Kecamatan Ibu Rahmawati dan Ibu dari Puskesmas KIA bagian Gizi.


    Keuchik Gampong Karieng Irfadi, S.Pd meminta kepada seluruh kader, baik pengurus posyandu maupun BKB dapat bekerja sama dengan KPM atau TP-PKK di gampong karieng, hal ini untuk bisa secara kreatif dapat merencanakan dan membuat berbagai kegiatan baik di Posyandu, BKB dan TP PKK, sehingga anak dan balita di yang ada dalam Gampong Karieng Peudada Bireuen bisa tumbuh sehat secara fisik dan mental.

    Terakhir Ia berharap semua kader yang ada di wilayah Gampong Karieng agar bisa saling bersinergi, untuk mewujudkan suasana yang kondusif bagi perkembangan anak-anak, salah satunya melalui sarana Posyandu dan BKB.

    Hadir dalam acara tersebut, Seketaris Geuchik Mahdi Ahmad, Ketua TP-PKK Kecamatan Rahmawati yang didampingi sekretarisnya Asni, dari Punyuluh BKB/Pos Kab Kecamatan Kama, dari UPTD Puskesmas Kecamatan Bagian KIA/Gizi Irzaniati.

    Selain itu pula hadir juga Bidan Setempat Fitriani, A.Md Keb dan pengurus PKK Lainnya yabg ikut Mendampingi kegiatan Pelayanan Dasar yaitu Bu Gateng dan Menjaga Pola Makan Sehat dalam Mencegah Stunting. (*)




    Komentar

    Tampilkan

    Terkini