• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    6 Tanda Seseorang Sedang Berbohong

    Arief Salman
    Rabu, 08 Desember 2021, 22:08 WIB Last Updated 2021-12-08T15:08:30Z

    Semua orang pernah bohong, meskipun itu kebohongan putih. Tidak sulit untuk melihat kebohongan orang lain, hanya saja kebanyakan dari kita tidak mau menerimanya. Jadi bagaimana mengetahui orang itu ketika dia berbohong?

    Menurut sebuah penelitian oleh Leanne ten Brinke, seorang psikolog forensik di Haas School of Business di University of California, Berkeley, Amerika Serikat, dan rekan-rekannya, naluri untuk menilai kebohongan sangat kuat dalam diri semua orang. Namun, pikiran sadar kadang-kadang mengecewakan.

    6 Tanda Seseorang Sedang Berbohong

    1. Terlalu banyak berpikir

    Ketika sedang menceritakan sesuatu, biasanya orang berbicara lancar karena mengetahuinya dengan baik dan ingin menyampaikannya dengan benar juga. Namun, jika orang tersebut terlalu banyak berpikir tentang sesuatu, kemungkinan dia berbohong atau ada sesuatu yang ditutupi.

    2. Pertanyaan silang

    Ketika merasa tidak yakin dengan apa yang disampaikan orang, hal terbaik adalah dengan mengajukan pertanyaan. Jika pembohong menjawab dengan memberikan rincian lain, dan ada perubahan pada hal yang dikatakan sebelumnya, itu tanda dia berbohong. Mengapa? Karena berbohong sangat membebani otak dan sangat sedikit orang yang mampu berpikir cepat sehingga mudah goyah.

    3. Kata-katanya diulang

    Selama proses berbohong, orang cenderung mengulangi kata-kata atau frasa yang telah diucapkan. Ini bisa menjadi petunjuk besar bahwa dia pembohong.

    4. Terlalu banyak info

    Ketika berbohong, orang mencoba menutupi jejak dan cenderung memberikan informasi lebih dari yang dibutuhkan. Ini adalah saat yang tepat menangkap basah orang tersebut. 

    5. Terlalu diam 

    Berbohong adalah seni dan mungkin sangat sedikit yang menguasainya. Saat berbohong, orang cenderung berkonsentrasi agar tidak goyah. Hal ini membuat orang itu jadi terlalu diam dibandingkan dengan orang yang tidak berbohong.

    6. Mengubah nada

    Menurut David Matsumoto, seorang profesor psikologi di San Francisco State University dan CEO Humintell, seperti dilansir situs Forensics Colleges, orang cenderung berbicara dengan nada suara yang tinggi saat berbohong atau terlalu rendah dibandingkan dengan cara berbicara biasanya. Jadi, perhatikan isyarat verbal untuk menangkap pembohong. 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini