• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Visitas dan Evaluasi Fungsional Dosen UNIKI Hadirkan Kepala LLDIKTI XIII

    Lentera Nasional@
    Jumat, 05 November 2021, 18:24 WIB Last Updated 2021-11-05T11:24:19Z
    Kepala LLDIKTI XIII Prof. Dr. Faisal, SH, M.Hum., saat memberikan materi pada kegiatan Visitas dan Evaluasi Lapangan Jabatan Akademik (Fungsional Dosen) UNIKI, (4/11).
    Bireuen - Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) menyelenggarakan Visitasi dan Evaluasi lapangan jabatan akademik (fungsional Dosen) Guna percepatan usulan jabatan fungsional pada Perguruan Tinggi Swasta di lingkingan LLDIKTI Wilayah XIII. Berlangsung di ruang rapat lantai 3 Kampus Induk UNIKI Desa Blang Bladeh, Jeumpa, Bireuen, Kamis (04/11).

    Kegiatan tersebut menghadirkan Narasumber yaitu Kepala LLDIKTI XIII Prof. Dr. Faisal, SH, M.Hum., drh Sugito M.Si., dan Ita Zahara, S.sos, M.Si., serta dihadiri langsung Pembina Yayasan Kebangsaan Bireuen (YKB) Dr. Amiruddin Idris, M.Si., Rektor UNIKI Prof. Dr. H. Apridar, SE, M.Si., diwakili oleh Warek I Dr Zainuddin Iba, SE, MM., Warek II Chairul Bariah, SE, MM., Ketua LPPM Dr. Azhari SE, M.Si, Ak, CA., dan Ketua BPM Dr Fauzi, M.Kom.
    Pembina Yayasa Kebangsaan Bireuen, Dr. Amiruddin Idris, SE, M.Si., sedang memberikan arahan.
    Pembina YKB, dalam arahannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi jabatan fungsional ini bertujuan meningkatkan jenjang karir Dosen melalui jabatan fungsional.

    "Peningkatan jabatan fungsional akan berpengaruh terhadap akreditasi institusi dan penting digunakan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk dalam pengajuan hibah institusi dan luar institusi," ujar Amiruddin.

    Jabatan Akademik Dosen dalam suatu institusi merupakan salah satu cara investasi di bidang sumber daya manusia dalam pengembangan pendidikan pada sebuah perguruan tinggi khususnya UNIKI. Hal ini merupakan instrument yang sangat penting dalam meningkatkan kelembagaan baik kelembagaan Universitas, Fakultas, serta Prodi. Tandas Amiruddin Idris yang juga Anggota DPRA periode 2019-2024.

    Warek I menjelaskan, edukasi akan diberikan melalui strategi-strategi dan teknis agar peserta yang terdiri dari Dosen tidak mengalami hambatan dalam usulan ini.

    "Pendampingan ini akan mendukung jenjang karir dosen secara personal yang nantinya dapat meningkatkan penguatan lembaga dalam bentuk pengelolaan Perguruan Tinggi untuk menjadi institusi yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global," sebut Zainuddin Iba.

    Peningkatan mutu lulusan besar dipengaruhi oleh SDM Dosen sebagai tenaga pendidik. Kualitas tenaga pendidik akan berpengaruh terhadap kualitas mutu lulusan, inilah yang terus dipantau melalui tracer study dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Dengan hasil tersebut kita dapat melakukan monev instrumen input khususnya SDM Dosen yang terus kita tingkatkan kualitasnya. Selain itu, rasio dosen juga tetap diperhatikan dengan melakukan pengangkatan dosen baru, imbuhnya.

    Sementara menurut Warek II UNIKI, jabatan fungsional juga digunakan sebagai prasyarat dalam mengurus sertifikasi dosen, sehingga hal itu sangat penting bagi Dosen dalam jenjang kariernya.

    Dalam sosialisasi ini, narasumber akan memberikan kiat-kiat dan startegi demi keberhasilan pengusulan jabatan fungsional. Harapannya sosialisasi ini berjalan lancar, segala hambatan dosen mampu teratasi, dan lebih banyak dosen yang berhasil mengusulkan jabatan fungsional, pungkas Chairul Bariah, SE, MM. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini