Breaking News

Puncak HUT ke 22 Bireuen, Bupati Paparkan Program Pembangunan dan Prestasi

Suasana rapat Paripurna Istimewa di DPRK dalam rangka  peringatan HUT ke 22 Kabupaten Bireuen, (12/10).
Bireuen - Puncak peringatan HUT ke 22 Kabupaten Bireuen tahun 2021, dilaksanakan dengan mengelar rapat paripurna istimewa DPRK Bireuen berlangsung, Selasa (12/10/2021) pagi diruang sidang kantor DPRK.

Rapat dibuka Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, S.Sos didampingi Wakil Ketua I Syauqi Futaqi, S.Fil.I dan Wakil Ketua II Suhaimi Hamid, S.Sos dihadiri Bupati, Forkopimda, anggota DPRK, mantan Bupati, dan tokoh pendiri Bireuen, kepala SKPK serta unsur terkait lainnya.

Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S.Sos mengatakan, dinamika pembangunan Bireuen dari tahun tahun, terus tumbuh dan berkembang sekalipun banyak tantangan yang kita hadapi melahirkan sesuatu yang terbaik bagi masyarakat Bireuen.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi dalam sambutannya mengatakan, Bireuen hari ini berusia 22 tahun. Peringatan hari jadi kali ini, kita mengambil tema "Membangun Tekad dan Semangat Kerja Ikhlas yang Berakhlakul Karimah untuk Bangkit dari Musibah Covid 19,".

Bermakna mari kita bersatu seiring langkah terus berkerja dengan ikhlas dalam membangun Bireuen yang bermartabat dengan mengedepankan sifat akhlakul kharimah.

Peringatan hari jadi Bireuen, biasanya dilaksanakan dengan meriah, namun 2 tahun terakhir, hanya sederhana, dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Pemkab Bireuen terus berkomitmen melaksanakan pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19.

Bupati mengingatkan kita semua untuk bersama-sama membangun imunitas sosial dalam menghadapi wabah ini, dengan cara meningkatkan kewaspadaan, namun tidak panik secara berlebihan, di samping mengajak seluruh masyarakat Bireuen untuk melakukan vaksinasi.

Bupati Bireuen juga menyampaikan, secara sektoral, beberapa kebijakan bidang pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat banyak mencapai kemajuan diantaranya dibidang kesehatan.

Bidang infrastruktur, pembangunan jalan mengalami peningkatan tahun 2020, dengan rincian target capaian 39 persen dan realisasinya 51,36 persen. Pada tahun 2021 mengalami peningkatan kemantapan jalan jadi 55,14 persen atau setara 665,91 km dari total panjang jalan 1.207, 67 km.

Dibidang pertanian dan perkebunan dua tahun terakhir ini, kelompok tani di Bireuen menerima bantuan benih padi hibrida sawah, jagung hibrida, kedelai dan tanaman holtikultura lainnya (cabe, mangga, rambutan, alpokat, durian, pisang), penangkaran benih padi.

Selain itu, bantuan alat dan mesin pertanian mulai traktor dan lainnya. Pembangunan saung tani (jambotani) serta pengembangan benih dan bibit peternakan sapi indukan, kambing serta inseminasi buatan di Gampong Rantau Panyang Krueng Simpo Juli saat ini telah menunjukan hasilnya.

Langkah atau program lainnya adalah membangun infrastruktur pertanian dan perkebunan di berbagai desa di 17 kecamatan. Berupa jalan usaha tani perkebunan, jalan produksi perkebunan, pembangunan jaringan irigasi tersier, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan embung, pembangunan pintu air.

Pembangunan sumur bor, pengadaan pompanisasi, pembangunan dam parit, pembangunan long storage bersumber dari APBK, DID, Otsus, APBN. Cetak sawah baru dilakukan ditahun 2020 luasnya 40 hektare di Pante Peusangan Juli bersumber dari dana APBA.

Bidang keagamaan, kegiatan subuh mengaji sudah berjalan di seluruh Mesjid di Bireuen, untuk memotivasi masyarakat agar giat melaksanakan shalat subuh berjamaah.

Selama menjabat Bupati Bireuen, 127 masjid dari 185 masjid yang ada di Bireuen telah dikunjungi, kita Juga melaksanakan pengajian rutin di pendopo bagi pejabat Bireuen, dan pengajian rutin ASN di Mushalla Kapuspemkab, kantor kecamatan, sekolah SD dan SMP.

Dipaparkan juga, Pemkab Bireuen, sudah berupaya semaksimal mungkin merealisasi program pembangunan didanai APBN, APBA, APBK. Karena itu kami mengharapkan bantuan dan dukungan penuh dari para pemangku kepentingan mewujudkan program prioritas daerah belum selesai.

Penyelesaian pembangunan kantor DPRK Bireuen, gedung kantor PUPR, pembangunan ruang terbuka hijau di bekas stadion Cot Gapu Bireuen dan pembangunan Rumah Sakit Regional dilaksanakan tahun 2021, dan Rabu 13 Oktober 2021 peletakan batu pertama.

Upaya pencapaian pembangunan stadion Paya Kareung untuk venue PON 2024, kita sudah membeli tanah seluas ± 30 hektare, berkat dukungan yang luar biasa dari anggota DPRA tahun ini, mendengar kucuran dana pembangunan lebih kurang Rp 27 milyar.

Bupati Muzakkar juga mengatakan, peringatan HUT Bireuen ke 22 digelar sederhana karena situasi Pandemi Covid-19, yaitu donor darah, lomba foto, gowes etape 6, serta bzikir dan ceramah di Masjid Agung Sultan Jeumpa.

Dalam acara rapat paripurna istimewa DPRK Bireuen dalam rangka hari jadi ke 22 Bireuen, Pemkab Bireuen juga memberi santunan bagi siswa miskin berprestasi 60 siswa-siswi, dan 1000 santri berprestasi, kita serah secara simbolis.

Adapun capaian yang telah mampu kita raih tentu saja akan lebih kita tingkatkan, sedangkan kendala atau masalah yang masih ditemui akan diupayakan mencari solusi untuk memperbaikinya.

Salah satu keberhasilan Pemkab Bireuen tahun 2021, kembali meraih prestasi penurunan angka stunting bahkan dua kategori sekaligus, hasil penilaian kinerja penurunan stunting digelar Pemerintah Aceh.

Penghargaan bergengsi diraih yaitu "Bireuen kabupaten paling inspiratif dalam upaya penanganan stunting di Aceh tahun 2020", dan "Bireuen juga juara I penilaian kinerja penanganan stunting Aceh", ungkap Bupati.

Disamping itu, Bireuen tahun 2021 berhasil mempertahankan sebagai salah satu kabupaten layak anak tingkat pratama untuk kedua kalinya, dan tertuang dalam Surat Keputusan PPPA Nomor 50 Tahun 2021 tanggal 23 Juli 2021.

Penghargaan diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak. Penghargaan ini diberikan kepada Daerah mempunyai komitmen tinggi dalam mendukung pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan khusus anak.

Bireuen juga mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat provinsi tahun 2021 dengan kategori kabupaten dengan Forum Anak Gampong terbanyak se Provinsi Aceh dalam bentuk piagam.

Dilaksanakan secara virtual dirangkai penandatanganan bersama piagam Gerakan Massal Perlindungan Perempuan dan Anak oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen, tanggal 29 Juni 2021.

Selain itu, penghargaan ruang bermain ramah anak tersertifikasi kategori utama. Dalam bentuk sertifikat dan papan sertifikasi, yang jadwal pengambilannya tanggal 11 dan 12 Oktober 2021.

Kemudian Bireuen berhasil menjadi juara II Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat provinsi tahun 2021 mesin pembelah biji pinang, tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 414/1393/2021 tahun 2021.

Juga menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021, katagori pratama yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor : 66 Tahun 2021 tertanggal 6 September 2021.

Dalam bentuk piala dan piagam penghargaan diserah Kementerian Perempuan dan Anak Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada Bireuen, dinilai berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Pemkab Bireuen juga menerima penghargaan kategori Balai Penyuluh Pertanian (BPP) berprestasi tahun 2020 dari Pemerintah Aceh, papar Bupati Bireuen.

Sumber: Kominda Kabupaten Bireuen.
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini