Breaking News

PJID-Nusantara Beri Pembekalan Pra UKW

Ketua DPW PJID-Nusantara Aceh, S.Ramadan Djamil (Dua dari kanan) bersama Ketua DPP PJID-Nusantara, Ismail Sarlata (Baju putih) dan para narasumber pada acara Pra UKW yang berlangsung di Aula Vitra Tirta Convention Hall Kota Langsa, (16/10).
Langsa - Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi Nusantara (PJID-Nusantara) menyelenggarakan kegiatan pembekalan pra uji kompetensi wartawan (Pra UKW) di aula Vitra Tirta Convention Hall Kota Langsa Aceh selama 2 hari yakni tanggal 16 hingga 17 Oktober 2021.
Suasana Pra UKW berlangsung diikuti puluhan peserta dengan antusias.
Kegiatan tersebut diikuti dengan antusias oleh para jurnalis media cetak maupun Online yang bernaung dibawah Organisasi Profesi Pengurus Dewan Pimpinan Daerah PJID-Nusantara dari seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Aceh serta dihadiri langsung Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Aceh serta Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PJID-Nusantara.

Seremonial dimaksud dibuka Walikota Langsa Usman Abdullah, SE., diwakili Kadis Kominfonya M. Husen, S.Sos, M.M, dan Dandim 0104/Langsa Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, SSo MTr diwakili Kapten Arh Nana Sutiana, berikut Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, S.H, SIK,M.H, diwakili Aipda Syah M Hendra.

Dalam pelaksanannya, Ketua panitia pelaksana Suriyadi KS, S.H mengatakan pihaknya menghadirkan sejumlah pemateri kompeten yang terdiri dari Ketua DPP PJID-Nusantara, Ismail Sarlata. Ia mengupas Tehnik menulis berita yang terdiri dari pengertian, unsur, nilai, etika dan naskah.

Selanjutnya diisi salah satu jurnalis senior di Aceh, Adnan, S.Sos guna mengupas tentang dasar-dasar Jurnalistik.

Berikutnya, untuk Aspek Hukum dan Tanggung Jawab Pers dikupas oleh Kapolres Kota Langsa diwakili AIPDA Syah M Hendra, S.H.

Selain itu, kontek Sinergitas Pers dan TNI dibimbing Dandim diwakili Kapten Arhanud Nana Sutiana, serta dilengkapi dengan Evaluasi melalui penulisan berita peristiwa jalannya kegiatan.

Untuk Tehnik Reportase yang terdiri dari Observasi, Wawancara, Riset data dipaparkan langsung Ketua Umum DPP PJID-Nusantara, hingga UU Pers diuraikan oleh Sunady KS. SH.

Terpantau awak lenteranasional.com di lokasi bahwa kegiatan diakhiri dengan Penyerahan Sertifikat Secara Simbolis dari Panitia Kepada Peserta dan ditutup Doa. (*)
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini